1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

Tiga Strategi Mudah Lunasi Utang dalam Waktu Singkat

Bunga cicilan utang kian hari kian menumpuk, bikin pusing kepala. Makanya lunasi segera dengan cara berikut ini.

By Dwifantya Aquina 3 Mei 2016 06:59
Ilustrasi bayar utang (gameranx)

Money.id - Salah satu resolusi yang dibuat Anda ketika awal tahun mungkin adalah melunasi utang. Pertanyaannya, apakah hal itu sudah dimulai?

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena semakin lama Anda menunda untuk membayar utang-utang yang ada dalam kartu kreditmu maka bunga yang dikenakan juga akan semakin tinggi. Hal tersebut akan membuat Anda semakin kesulitan dalam melakukan pelunasan utang, sehingga Anda memerlukan waktu yang lebih lama dalam melunasi utang tersebut.

Berikut strategi jitu linasi utang seperti dikutip CekAja.com.

Kuras isi tabunganmu

Untuk menyelesaikan utangmu. Ini merupakan salah satu cara ekstrim yang bisa dibilang cukup efektif. Tidak ada salahnya untuk melunasi kewajiban terlebih dahulu, baru setelah itu Anda bisa mengisi kembali tabunganmu tanpa harus dipusingkan dengan tagihan-tagihan yang masuk ke kartu kreditmu. (Baca Juga: Lima Tips Pakai Kartu Kredit Bebas Utang)

Jual barang-barang bekas

Anda dapat menjual barang-barang bekas terpakai dan masih memiliki kondisi cukup bagus. Daripada barang-barang tersebut mengendap di lemari, atau memenuhi gudang dan tidak dimanfaatkan lebih baik diuangkan bukan?

Kurangi Konsumsi

Ya, ini merupakan salah satu cara aman dan efektif untuk melunasi hutangmu. Kurangi jatah konsumsi harianmu, jangan terlalu sering hangoutbersama teman atau pasanganmu lalu bayarlah cicilan bulanan dalam jumlah yang lebih besar sehingga Anda bisa lebih cepat melunasi utang-utangmu. (Baca Juga: Dada Semakin Sesak dengan Utang Menumpuk? Gunakan Trik Ini untuk Menyelesaikannya)

Ketiga cara tersebut dapat Anda lakukan saat awal tahun 2016 nanti, untuk itu Anda sudah harus mulai mempersiapkannya sejak saat ini. Ingat, tetaplah fokus dan berada di jalur perencanaan keuangan yang telah Anda tetapkan.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section