1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

5 Kesalahan Bisnis Saat Gunakan Media Sosial

Tanpa strategi yang cerdas, memasarkan produk melalui media sosial bisa menghabiskan biaya besar.

By Abdul Kharis 29 April 2016 13:03
Ilustrasi media sosial (marketingland.com)

Money.id - Sulit untuk menemukan orang atau perusahaan yang tidak memiliki akun Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Akan tetapi, perusahaan kecil berhati-hatilah! Hanya karena semua orang menggunakan media sosial tidak bukan berarti menjadi alat pemasaran yang berguna.

Bahkan, tanpa strategi yang cerdas, memasarkan produk melalui media sosial bisa menghabiskan biaya besar, menguras tenaga, dan menghasilkan hal negatif.

Mengutip dari allbusiness.com, Jum'at, 29 April 2016, berikut adalah kesalahan saat berbisnis dan memasarkan produk melalui media sosial.

1. Kurangnya waktu dan usaha

Membangun pemasaran melalui media sosial membutuhkan banyak waktu dan usaha. Anda harus terlibat dengan orang-orang terus-menerus, dan berkomunikasi atau menyebarkan pesan provokatif yang sangat informatif.

2. Tidak menanggapi komentar

Sungguh menakjubkan betapa banyak perusahaan lupa bahwa media sosial adalah tempat bersosialisasi. Ketika seseorang meninggalkan komentar di media sosial milik sebuah bisnis, maka perusahaan harus merespon-cepat dan serius.

Bila tidak membalas, bisnis itu akan dicap sebagai perusahaan yang hanya tertarik pada promosi dan tidak melayani konsumen.

3. Menjadikan media sosial hanya tempat beriklan

Perusahaan berbuat salah dengan melihat akun media sosial mereka hanya sebagai tempat untuk mengiklankan produknya. Media sosial dapat digunakan juga untuk mengakui kesalahan, meminta bantuan, dan menanggapi terus terang kritik terhadap perusahaan.

4. Tidak "Memberi untuk mendapatkan"

"Memberi untuk mendapatkan" adalah jalan menuju sukses di media sosial. Strategi ini membutuhkan semangat murah hati. perusahaan kecil berhasil di media sosial ketika mereka pergi keluar dari jalan mereka untuk membantu orang-orang dengan menyediakan konten yang bermanfaat.

5. Gagal memanfaatkan pengetahuan tentang perusahaan

Bisnis kecil harus memiliki pengetahuan tentang produk, jasa, dan target mereka. Pengetahuan ini, ketika dikomunikasikan di media sosial mampu menarik minat pelanggan potensial.

Sayang sekali, banyak bisnis kecil yang gagal memanfaakan pengetahuan tentang bisnisnya, karena tidak menyebarkannya melalui media sosial.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section