1. HOME
    2. FASHION-BIZ
MONEY TUESDAY

Bisnis Pakaian Renang Muslim, Mantan Tukang Servis AC Sukses Besar

Meski bukan dibuat olehnya sendiri, namun ia mengatakan sangat memperhatikan bahan yang digunakan.

By Dian Rosalina 5 April 2016 12:30
Baju renang ala Syari'ah (Bajurenangmuslim.net)

Money.id - Bisnis baju muslim dan muslimah kini mulai menjamur di masyarakat. Kesadaran akan berhijab membuat para wanita muslimah sering berbelanja pakaian. Tidak terkecuali membeli pakaian khusus untuk olahraga, seperti olahraga renang.

Memanfaatkan momen tersebut, beberapa supplier baju muslim dan muslimah mencoba peruntungannya di pasar tersebut.

Salah satunya pemilik toko online Bajurenangmuslim.net, Handoko. Ia mengatakan awalnya pada 2011, ia memulai bisnisnya sebagai supplier baju muslim dan muslimah.

Handoko bercerita sebelum terjun ke dunia bisnis, ia hanya seorang tukang servis Air Conditioner (AC). Menurutnya saat menjadi tukang servis, pendapatannya tidak terlalu tinggi dibandingkan penghasilannya sekarang. Ditambah ia pun mulai lelah karena selalu berpergian ke jauh hanya untuk memperbaiki AC yang rusak.

Melihat lokasi rumahnya yang dikelilingi beberapa produsen baju, membuatnya juga ingin mencoba peruntungannya dalam bidang bisnis fashion. Jarangnya pakaian renang muslimah di pasaran saat itu, membuat dia berpikir itu adalah sebuah peluang usaha.

"Saya melihat bisnis ini cukup luas. Selain baju renang, saya juga jual busana muslim juga. Untuk baju renang ini, pasarnya memang cukup sempit, karena bahannya tidak terlalu banyak yang jual, ya tapi cukuplah untuk UKM seperti saya," kata Handoko yang diwawancarai Money.id, Selasa 5 April 2016.

Meski bukan dibuat olehnya sendiri, namun ia mengatakan sangat memperhatikan bahan yang digunakan. Supaya para pelanggannya merasa puas dengan produk yang dibeli dari toko miliknya.

"Saya memang toko tangan kedua, tapi saya mencari supplier yang benar-benar bagus. Sebenarnya sih tidak baju renang khusus baju muslim saja. Cuma yang non-muslim pun bisa pakai, kok. Tapi yang membedakan hanya dari penutup kepalanya," ujarnya.

Meski standarnya tidak terlalu sesuai dengan syariat karena khusus diperuntukan untuk olahraga renang, Handoko memilih baju renang milik dengan bentuk yang agak lebar, dan tidak terlalu menunjukkan lekuk tubuh terlalu banyak.

Motif yang ditawarkannya pun beragam, seperti polkadot, salur, bunga, dan polos. Rata-rata warna yang dipilih Handoko tidak terlalu terang sebab warna gelap bisa dipadukan dengan banyak warna lain.

Baju renang miliknya ditawarkan mulai dari Rp170 ribu hingga Rp350 ribu. Sedangkan untuk busana muslim dan muslimah mulai dari Rp95 ribu hingga Rp500 ribu.

Next: Beromzet Jutaan Rupiah Per Bulan >>

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section