1. HOME
    2. FASHION-BIZ
FASHION

Dua Anak Muda Beda Bangsa Ini Buat Aksesoris Unik dari Butiran Beras

Pernahkah terpikir beberapa butir beras bisa diubah menjadi sebuah perhiasan yang terlihat begitu mewah?

By Dian Rosalina 1 April 2016 09:31
EJRINGS, Perhiasan dari Butiran Beras (environmentaljewelry)

Money.id - Beras adalah makanan pokok yang selalu dikonsumsi oleh sebagian besar orang Asia. Orang mengenalnya sebagai bahan makanan yang bisa mengenyangkan ketika lapar.

Namun pernahkah terpikir beberapa butir beras bisa diubah menjadi sebuah perhiasan yang terlihat begitu mewah? Ya, sudah dibuktikan oleh dua anak muda yang berbeda kebangsaan yakni  Lega Manggala, putra yang berasal dari Indonesia dan Julia Skergeth, wanita yang berasal dari Austria.

Lega bercerita bahwa proyek Rice Ring ini adalah proyek Julia ketika sedang menjalani gelar Masternya di bidang Fashion Design di Kingston University London. Saat itu dia memamerkan karyanya di London Fashion Week 2013, dengan mengenalkan Sustainable Luxury.

Awalnya Julia melakukan percobaan dari bahan-bahan makanan seperti kacang-kacangan dan sejenisnya. Namun menurutnya tidak ada yang sebagus bentuk beras yang bisa terlihat glamour dan eksklusif.

Meski tidak ada dasar pendidikan di bidang desain perhiasan, Lega percaya bahwa keunikan ini bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

"Tadinya Julia tidak mau dibuat sebuah brand. Tapi saya melihat proyek ini sangat berpotensi menjadi sebuah bisnis yang bagus. Meskipun bisnis ini bukanlah bisnis utama kami berdua, tapi patut untuk dicoba," kata Ega, sapaan akrab Lega kepada Money.id di LocalFest 5.2, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, kemarin.

Sejak saat itulah, tepatnya 25 Februari 2014, keduanya membuat sebuah brand bernama Environmental Jewelry atau disingkat EJRINGS. Kata 'E' adalah inisial dari nama Ega, dan 'J' adalah Julia.

Ega mengakui bahwa bisnis tersebut bukanlah bisnis utama dari keduanya. Di sisi lain, ia memiliki perusahaan retail yang lebih fokus terhadap fashion para pemain skateboard, sedangkan Julia juga menjalani bisnis fashion sepatu.

EJRINGS adalah bisnis mereka yang dijalani bersama. Tidak heran, modalnya pun berasal dari keduanya.

"Modalnya sih lebih mahal untuk membeli bahan-bahan untuk membuat perhiasannya sendiri. Jadi kalau ditanya soal modal, cukuplah untuk membuka sebuah usaha," kata dia.

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section