1. HOME
  2. DIGITAL
GO-JEK

Go-Jek Bermitra dengan Perusahaan Rental Mobil, Persiapan Go-Car?

Go-Jek kabarnya akan bekerjasama dengan PT Adi Sarana Arada Tbk (ASSA) selaku perusahaan penyedia layanan rental mobil dan logistik.

By Adhi 11 Mei 2016 15:15
Go-Jek Indonesia

Money.id - Jika sebelumnya dilaporkan menjalin kemitraan dengan Blue Bird, kini Go-Jek kabarnya juga akan bekerjasama dengan PT Adi Sarana Arada Tbk (ASSA) selaku perusahaan penyedia layanan rental mobil dan logistik.

Dikutip dari laman Bareksa, Rabu 11 Mei 2016, kabar tersebut muncul setelah beredar informasi yang menyebutkan bahwa ASSA akan diakuisisi oleh Northstar Group lewat anak perusahaan mereka, NSI Ventures.

Dan seperti yang telah diketahui, Northstar sendiri merupakan investor terbesar Go-Jek.

Meski hingga kini pihak Northstar mengatakan belum ada pembicaraan menyangkut akuisisi, namun salah satu petinggi Northstar kepada Bareksa mengakui adanya pembicaraan kerjasama antara ASSA dan Go-Jek di luar penyertaan saham.

Lalu, sebenarnya apa tujuan Go-Jek bekerjasama dengan ASSA?

Saat ini aplikasi online untuk segmen kendaraan roda empat dikuasai oleh dua pemain asing, yaitu Uber dari Amerika dan GrabCar dari Malaysia. Baru-baru ini Go-Jek meluncurkan aplikasi bernama Go-Car yang mirip dengan kedua platform tersebut.

Selain membuka kesempatan bagi para pemilik mobil untuk bergabung, Go-Jek juga membuka lowongan bagi pengemudi yang tidak memiliki kendaraan. Hal ini merupakan peluang bagi ASSA untuk bersinergi dengan menyediakan kendaraan.

Jika kerja sama ini jadi terjalin, ASSA bisa mengurangi risiko yang timbul dari menganggurnya armada kendaraan mereka. Pertumbuhan jumlah kendaraan ASSA cukup tinggi jika dibandingkan dengan laju kenaikan jumlah pengemudinya. Di tahun 2013 hingga 2015, pertumbuhan kendaraan mencapai 39 persen, sedangkan jumlah pengemudi hanya bertambah tipis 0,2 persen.

Untuk lebih jelasnya, simak di tautan berikut ini.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section