1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Dihargai Rp5,2 Juta, Jangan Kaget Inilah Harga Riil iPhone SE

Ternyata Apple mengambil keuntungan sebanyak...

By Nur Chandra Laksana 5 April 2016 12:51
iPhone SE Teardown (ifixit.com)

Money.id - Kepopuleran ponsel pintar 4 inci milik Apple, yakni iPhone SE memang sangat tinggi. Antusiasme para penggemar untuk memperoleh di negara Amerika dan Eropa, tecatat sangat tinggi.

Dengan harga di kisaran US$399 atau sekitar Rp5,2 juta, menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta produk Apple yang tidak memiliki bujet terlalu banyak. Telebih lagi, dengan performa yang bisa dikatakan hampir setara dengan iPhone 6, membuat ponsel ini makin diminati kebanyakan orang.

Namun, seberapa besar uang yang dikeluarkan oleh Apple untuk memproduksi sebuah iPhone SE? Ternyata Apple hanya mengeluarkan sekitar US$160 atatu sektiar Rp2,1 juta saja per iPhone SE.

Hasil ini diapatkan oleh Re Code yang dikutip oleh Money.id pada Selasa, 5 April 2016. Mereka mendapatkan sebuah rilis dari lembaga penelitian yang bernama IHS, yang mempelajari dan memperkirakan harga dari komponen sebuah iPhone SE.

Setelah ditelusuri lebih dalam, IHS berhasil menemukan harga asli dari komponen yang ada di dalam iPhone SE tersebut. Harga-harga komponen tersebut antara lain chip seluler Qualcomm seharga US$15 , atau setara Rp197ribu, prosesor A9 seharga US$22, atau setara Rp290 ribu, dan layar LG Display sebesar 4 inci seharga US$20, atau setara Rp264 ribu

Dengan begitu, Apple mendapatkan keuntungan kotor sebesar US$239, atau sekitar Rp3,15 juta untuk setiap iPhone SE yang terjual. Dengan terkuaknya hal ini, maka ini menunjukkan seberapa besar Apple mencari keuntungan dalam penjualan sebuah produk miliknya.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section