1. HOME
  2. DIGITAL
STARTUP

Sebelum Belanja Online, Coba Cek Penipu.id

Layanan ini dapat meminimalisir kemungkinan kasus penipuan dalam berbelanja online.

By Adhi 4 April 2016 15:36
ilustrasi (eatweartravel.com)

Money.id - Di era internet seperti sekarang ini, belanja online telah menjadi tren baru yang digemari banyak orang. Berbagai jenis kebutuhan dapat ditemukan dan dibeli dengan mudah melalui internet.

Namun sayang, banyak konsumen yang merasa sistem belanja online membuat posisi mereka tak aman. Sebab, konsumen diwajibkan untuk mentransfer sejumlah uang terlebih dulu sebelum barang tersebut dikirim.

Jika kita tak cermat, penipuan bisa terjadi dan uang yang telah dikeluarkan 'hangus' begitu saja.

Berangkat dari keresahan ini, muncul sebuah layanan bertajuk 'Penipu.id,' sebuah situs yang dapat membantu konsumen untuk mengidentifikasi apakah nomor ponsel serta nomor rekening milik seller (penjual toko online) adalah penipu atau bukan.

Layanan ini dapat meminimalisir kemungkinan kasus penipuan dalam berbelanja online. Pasalnya, pengembang situs sudah mengumpulkan database dari berbagai sumber untuk membuat daftar 'black list' berisi nomor ponsel dan nomor rekening para penipu di ranah online.

Selain itu, Penipu.id juga menyediakan fitur bagi para konsumen yang pernah ditipu untuk mengumpulkan bukti dan melaporkan nomor ponsel serta rekening sang penipu ke dalam database.

Penipu.id patut diakui memang tak bisa sepenuhnya menghentikan aksi penipuan di ranah online, namun diharapkan situs ini bisa membantu konsumen menjadi 'smart buyer'.

Cara menggunakannya pun mudah. Saat Anda ingin berbelanja, tingal copy nomor rekening atau nomor ponsel seller di Penipu.id, jika rekening tersebut masuk daftar black list, Penipu.id akan memberitahukannya kepada Anda.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section