1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Akhirnya Project Loon Akan Diuji Coba Tahun Ini

Uji coba ini akan dilakukan di Sri Lanka dan Indonesia

By Nur Chandra Laksana 17 Februari 2016 12:32
Project Loon (ubergizmo.com)

Money.id - Proyek paling ambisius milik Google, yakni Project Loon memang ditargetkan oleh mereka untuk membawa internet ke seluruh penjuru dunia. Hal ini dimungkinkan dengan melayangkan sebuah balon udara yang memiliki pemancar di dalamnya.

Pengembangan dan penyempurnaan balon udara ini tidaklah memakan waktu yang sedikit. Dilansir dari laman Ubergizmo, Rabu 17 Februari 2016, tim Project Loon kesulitan untuk mencari desain balon yang tahan di tekanan udara stratosfir, namun dengan harga yang murah.

“Kami telah memecahkan banyak sekali balon,” kata kepala Alphabet X, Astro Teller sambil menunjukkan beberapa desain dari Project Loon tersebut.

Setelah mencari banyak desain, akhirnya Google menemukan sebuah desain yang dapat dinavigasikan dengan mudah dan dengan harga yang murah. Desain ini telah menjelajah dunia sekitar 19 kali hanya dalam 187 hari pada tahun lalu.

Pada akhirnya, setelah Google yakin dengan desain ini, pengetesan Project Loon akhirnya akan dilaksanakan segera pada tahun ini.

Nantinya, Project Loon akan menyediakan internet dengan kecepatan hingga 15 Mbps yang akan disebarkan ke seluruh dunia.

Langkah selanjutnya adalah untuk mengamati apakah Project Loon ini akan bekerja dengan sempurna untuk mengantarkan internet kepada masyarakat di seluruh dunia.

Pengetesan ini akan dilakukan pada beberapa operator telekomunikasi di Sri Lanka dan Indonesia, serta sedang menyelesaikan negoisasi dengan operator lainnya di belahan dunia lain. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section