1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Saingi Google, Wikipedia Kembangkan Mesin Pencari

Wikipedia membutuhkan dana sebesar US$2,5 juta, atau sekitar Rp33 miliar untuk menciptakan mesin pencarian canggih.

By Adhi 16 Februari 2016 12:25
Wikipedia

Money.id - Penyedia platform ensiklopedia onloine terbesar, Wikimedia Foundation, alias Wikipedia dilaporkan akan segera merilis mesin pencari (search engine) internet besutannya. Ini artinya, Wikipedia akan bersaing dengan 'raja' search engine internet, yakni Google.

Kabar ini sendiri pertama kali beredar setelah Wikimedia Foundation diketahui menerima dana investasi sebesar US$250 ribu atau setara Rp3,36 miliar dari yayasan Knight.

Selain itu, dokumen internal perusahaan yang bocor di dunia maya juga mengungkapkan bahwa mereka akan mengalokasikan dana investasi sebesar US$2,5 juta, atau sekitar Rp33 miliar untuk menciptakan sebuah mesin pencarian canggih.

Menurut informasi yang dilansir laman The Register, Selasa 16 Februari 2016, pihak Wikipedia mengklaim bahwa mesin pencari milik mereka tidak akan serupa dengan Google Search.

Pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengatakan, tujuan pengembangan mesin pencari internet ini akan lebih difokuskan pada hasil pencarian yang terkait dengan ensiklopedia. Dengan kata lain, mesin pencari milik Wikipedia akan memberikan hasil pencarian yang lebih terkait dengan ilmu pengetahuan, sejarah, sera pendidikan.

Menariknya lagi, keberadaan mesin pencari ini juga disebutkan akan melebur dengan laman Wikipedia. Wikimedia Foundation pelan-pelan akan mengubah konsep situs Wikipedia menjadi lebih interaktif dengan pengguna.

Belum jelas kapan mesin pencarian tersebut akan rampung. Kabarnya, proyek ini akan memakan waktu 12 bulan dan berakhir Agustus 2016.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section