1. HOME
  2. V-MONEY
NEWS

Virus Zika Mewabah, Ilmuwan Lakukan Pencegahan

Virus zika adalah virus yang disebabkan oleh nyamuk dan bisa menyebabkan cacat lahir microcephaly pada ribuan bayi di Amerika Latin.

By Febriyani 2 Februari 2016 11:35
Virus zika mewabah di Benua Amerika (youtube.com/NTDIndonesian)

Money.id - Petugas kesehatan di negara bagian New York mengatakan 4 orang yang baru saja kembali dari liburan di luar negeri telah terbukti positif terserang virus zika. Virus zika adalah virus yang disebabkan oleh nyamuk dan bisa menyebabkan cacat lahir microcephaly pada ribuan bayi di Amerika Latin.

Seorang wanita di Brasil jatuh sakit karena terserang virus zika. Dan kemudian melahirkan bayinya yang mengalami kerusakan otak.

Kini, sebuah perusahaan bioteknologi yang berbasis di Inggris, Oxitec, akan mengembangkan jenis nyamuk jantan yang telah dimodifikasi secara genetik untuk mengawini nyamuk betina, sehingga nyamuk betina tidak akan menghasilkan keturunan. Para peneliti mengatakan bahwa percobaan telah membuktikan nyamuk yang telah dimodifikasi itu telah mengurangi jumlah larva liar sebanyak 80 persen.

Hingga kini belum ada pengobatan untuk microcephaly. Oleh sebab itu para wanita hamil diperingatkan agar tidak bepergian ke negara-negara yang terinfeksi virus.



(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section