1. HOME
  2. OTOTALK

Sering Engkol Motor Matic, Begini Manfaatnya

Tak hanya starter elektrik, motor ini juga punya yang manual.

By Ismoko 11 Maret 2020 10:16
Penggunaan Kick Starter Di Motor Matic Ternyata Ada Manfaatnya, Lho. (Foto: Shutterstock/ilustrasi)

Walaupun dilengkapi dengan starter elektrik, produsen motor tetap mempertahankan kick starter untuk motor matic. Fungsinya sebenarnya sama.

Namun, starter electrik lebih banyak digunakan daripada kick starter di motor matic.

Lebih praktis, cepat dan mudah menjadi alasan banyak pemilik skutik untuk lebih memilik electric starter saat menghidupkan mesin. Padahal penggunaan kick starter atau engkol mempunyai manfaat yang lebih baik.

Jika kick starter jarang digunakan, akan menyebabkan macet dan per stopper penghubung gir selah dan gir primer mulai berkarat. Bahkan, kondisinya sudah parah bisa merembet pada pergantian cover CVT baru.

" Mengapa demikian? Motor matic bagian pegas sama gigi engkol tidak terkena pelumas seperti pada motor sport dan bebek underbone," kata Asisten Trainer di Technical Training PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, Dadan Danil, dikutip dari Otosia, Selasa 10 Maret 2020. 

Irit Aki

Starter engkol di motor matik bisa menghemat aki dan membuat sirkulasi oli di bawah mesin dan komponen lain kembali berfungsi dan lancar.

“ Kalau kita lebih sering pakai engkol, justru lebih baik ke baterai karena tidak banyak mengeluarkan listrik pada start awal,” kata Dadan.

Jika aki dalam kondisi baik, dia menyarankan kick starter digunakan seminggu sekali, terutama saat pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Di samping engkol menjadi enteng, pengeluaran listrik jadi hemat.

Kalau aki sudah habis, menghidupkan mesin dengan menggunakan kick starter akan percuma.

“ Motor-motor sekarang kan sudah injeksi. Jika aki soak atau lemah motor tidak bisa hidup karena butuh listrik untuk pompa bensin. Biar diengkol terus-tersuan motor tidak bakal menyala, terutama jika akinya sudah ngedrop banget atau habis. Tapi biar electrik starternya mati sementara aki masih ada setrumnya, motor masih bisa diengkol,” kata dia.

Lantas berapa lama umur kick starter? Jika sering digunakan, kick starter bisa awet hingga tahunan. Namun, jika jarang digunakan, engkol akan keras dan susah karena per dan giginya rusak berkarat.

“ Jadi, intinya sekiranya engkol sudah agak seret, segera diperbaiki,” kata dia. (Sumber: Dream.co.id)

 

 

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section