1. HOME
  2. OTOTALK
FORMULA 1

Diterima di Formula 1, Rio Haryanto Masih Butuh Rp150 Miliar

Saat menjajal Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rio mencatatkan waktu terbaik 1:49,593.

By Arry Anggadha 7 Desember 2015 18:35
Rio Haryanto (rioharyanto.com)

Money.id - Kabar gembira datang dari Rio Haryanto. Pebalap muda Indonesia itu resmi diterima untuk membalap di arena Formula 1 musim 2016. Jika semuanya lancar, Rio akan menunggangi Tim F1, Manor.

Kabar gembira itu disampaikan langsung ibunda Rio kepada Money.id. "Dari hasil tes terakhir, Tim Manor senang dengan Rio dan mereka meminta tanda tangan Rio untuk dikontrak pekan depan," kata Indah Pennywati.

Indah menjelaskan, Rio telah menjalani tes menunggangi mobil F1 bermesin Ferrari itu pada 1 Desember. Saat menjajal Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rio mencatatkan waktu terbaik 1:49,593.

Catatan ini bahkan lebih cepat dari development driver Manor, Jordan King, yang hanya menorehkan waktu 1:49,661 detik.

Pemilik Manor, Stephen Fitzpatrick, pun menilai performa Rio mengendarai mobil Formula1 cukup mumpuni. "Teknisi tim telah melaporkan kepada saya bahwa Anda sangat mampu untuk membalap di Formula 1. Kecepatan dan sikap Anda telah membuat banyak orang terkesan," kata Fitzpatrick dalam keterangan resminya.

"Saya berharap, kami bisa melihat Anda menjadi pebalap Manor pada awal musim Formula 1 2016 dan membuat sejarah untuk Indonesia," lanjut Fitzpatrick.

Namun, pebalap berusia 22 tahun itu kini terkendala uang untuk ikut dalam ajang balapan jet darat itu. Menurut Indah, pihaknya harus menyediakan minimal 15 juta euro atau sekitar Rp225 miliar untuk ikut F1.

"Saat ini kami baru mengantongi 5 juta euro dari Pertamina, masih butuh 10 juta lagi," kata Indah.

Indah menjelaskan, dana itu diperlukan untuk membiayai keperluan Rio saat membalap nanti. Termasuk untuk keperluan tim.

Kami berharap dalam satu pekan ini, sudah dapat sponsor untuk membiayai Rio balapan di Formula1. "Semoga beberapa hari ini kami mendapat sponsor agar dapat ikut dalam balapan tahun depan," tutur Indah.

Performa Rio pada 2015 ini cukup membanggakan. Rio menduduki peringkat 4 dalam Seri GP2 2015. Bahkan Rio sempat meraih juara 1 saat Seri GP2 di Bahrain.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section