1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Cara Ampuh Rawat Jok Mobil dari Bahan Beludru

Langkah untuk membersihkan sangat mudah, alat-alat yang digunakan pun banyak ditemukan dengan mudah.

By Rohimat Nurbaya 7 Agustus 2016 15:32
Ilustrasi Jok Mobil (Toyota Astra)

Money.id - Mobil moderen sudah banyak yang menggunakan bahan beludru atau kain fabric. Bila jok mobil menggunakan bahan ini maka sebaiknya dilakukan perawatan yang maksimal.

Pasalnya, debu serta asap rokok yang masuk ke kabin dapat dengan mudah menempel di pelapis jok jenis ini. Ditambah lagi dengan noda berbentuk cair seperti minuman, bila sampai meresap ke dalam bahan jok akan semakin sulit membersihkannya.

Dikutip dari laman Toyota Astra, kini tidak perlu khawatir jika masalah noda, debu atau asap ini mengenai jok berlapis fabric. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dan juga merawat jok dengan mudah.

Alat yang perlu digunakan adalah pembersih seperti sikat, lap bersih, cairan penghilang noda atau pembersih beludru.

Peralatan ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di supermarket atau toko aksesoris mobil. Selain itu, sediakan pula vacuum cleaner mini yang akan digunakan untuk menyedot kotoran yang mungkin sulit untuk dibersihkan jika menggunakan lap biasa.

Sebelum memulai menggunakan jok kain dengan cairan pembersih, lakukan lah penyedotan debu terlebih dahulu dengan vacuum cleaner supaya partikel kecil yang tak kasat mata di sela-sela kain bisa terangkat. 

Kemudian bersihkan noda yang tidak bisa diangkat oleh vacuum cleaner tersebut dengan cairan pembersih noda di jok mobil beludru yang sudah disiapkan tadi.

Setelah itu, sikat secara perlahan dengan satu arah, untuk mengantisipasi tercabutnya bulu-bulu halus dari beludru karena serat beludru bersifat sensitif. Usahakan untuk tidak menyentuhnya jika tidak terpaksa. Lakukan proses ini secara parsial atau per bagian dari jok beludru.

Normalnya, jok kemudian dilepaskan dan dijemur di bawah terik sinar matahari. Bisa juga dengan membuka seluruh pintu mobil sehingga panas matahari bisa masuk ke dalam mobil dan mengeringkan jok beludru dengan baik.


Baca Juga:

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Ototalk Section