1. HOME
  2. NITELIFE
KULINER NUSANTARA

Gultik, Wisata Kuliner Malam di Bilangan Jakarta Selatan

Satu porsi gultik harganya sekitar Rp8.000. Biasanya pada pedagang buka sekitar pukul 20.00 hingga dini hari.

By Rohimat Nurbaya 27 Oktober 2015 15:04
Gultik di kawasan Blok M, Jakarta Selatan (Foto: google plus/indri hernawati)

Money.id - Jakarta dikenal kota tidak pernah mati. Selama 24 jam roda bisnis di ibu kota tak berhenti berputar. Menyantap kuliner unik kadang jadi alternatif wisata bagi warga kota megapolitan ini.

Di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ada kuliner terkenal bernama 'Gultik'. Nama tersebut kepanjangan dari Gulai Tikungan, memang para penjual berjual di sekitar tikungan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan.


Gultik (Foto: Pinterest)

Ada belasan penjual Gultik di sana. Meski penjual berbeda, namun rasanya tidak jauh beda. Rasa gurih dari kuah santan berisi daging disiram pada nasi cukup mengobat rasa lapar orang-orang biasa 'keluyuran' pada malam hari.

Kuah Gultik semakin terasa nikmat ketika ditaburi bawang goreng kering, serta kerupuk yang crispy. Kuah hangat Gultik semakin menggugah selera ketika didorong minuman teh tawar panas. Dinginnya udara malam tidak terasa lagi meski makanan tersebut disantap di pinggiran jalan.

(Foto: Gultik /jelajahwisata.blogspot)

Gulai dijual para pedagang rata-rata gulai sapi. Rata-rata mereka menggunakan beberapa bagian sapi seperti urat, tetelan, lemak, dan jeroan.

Meski memiliki rasa sederhana, namun sajian kuliner ini mampu menggugah selera dan membuat ketagihan para penikmatnya untuk kembali ke tempat itu.

Sejak 1980-an

Gultik selalu menyedot pengunjung, baik mereka yang hanya sekadar ingin mecicipi atau sudah menjadi langganan tetap pada penjual tertentu.

Gultik tidak hanya dikunjungi para pejalan kaki, banyak pelanggan datang dengan kendaaraan roda empat. Bahkan, sejak 1980-an, banyak masyarakat menjadikan Gultik sebagai destinasi kuliner favorit.

Satu yang membuat rasa Gultik jadi penasaran karena disajikan dengan nasi setengah porsi orang dewasa. Jadi ketika orang biasa makan dengan satu porsi nasi pasti merasa kurang. Hal tersebut membuat pengunjung ingin berkali-kali tambah.

Satu porsi Gultik berkisar Rp8.000 saja. Harga tersebut cocok untuk kantong pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Selain itu, tempat luas serta sudah tidak terlalu ramai kendaraan di sepanjang trotoar jalan Mahakam dan Bulungan membuat para pengunjung betah bercengkrama dengan teman, keluarga, atau bahkan kolega.

Biasanya Gultik buka sekitar pukul 20.00 hingga dini hari. kawasan wisata kuliner tersebut lebih ramai ketika weekend, yakni sekitar Jumat malam atau Sabtu malam. Penasaran ingin mencoba?

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Nitelife Section