1. HOME
  2. NEWS
BENCANA ALAM

Gunung Rinjani Meletus Setelah Diguncang Gempa

Secara visual letusan tidak terdeteksi karena tertutup kabut.

By Rohimat Nurbaya 1 Agustus 2016 20:01

Money.id - Puncak Barujari, Gunung Rinjani meletus Senin, 1 Agustus 2016, pukul 11.50 Wita. Penyebabnya akibat gempa bumi 5,7 skala richter dengan kedalaman 22 kilometer berpusat di 63 kilometer arah barat laut, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan masyarakat di Desa Tembalun di sekitar lereng Gunung Rinjani dengan intensitias skala 3 MMI (Modified Mercalli Intensity).

"Adanya guncangan gempa menyebabkan tekanan dari dalam perut Gunung Rinjani sehingga menimbulkan letusan," ujar Sutopo melalui rilis diterima Money.id, Senin 1 Agustus 2016.

Berdasarkan laporan dari Pos Pengamatan Gunung Rinjani PVMBG, secara visual letusan tidak terdeteksi karena tertutup kabut. Berdasarkan pantauan satelit Himawari dari BMKG pada pukul 11.50 WIB terdeteksi distribusi awan ke selatan. Pada pukul 13.00 WIB hingga 15.00 Wib, abu vulkanik menyebar ke Tenggara-Barat Laut di Lombok bagian selatan.

"Aktivitas vulkanik Gunung Rinjani masih Normal. Pengamatan secara visual oleh PVMBG hingga pukul 17.30 Wib tidak terlihat adanya kepulan asap di puncak kawah. Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Rinjani," tuturnya.

Sutopo mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pendakian atau berkunjung di dalam radius 1,5 km dari kawah Gunung Rinjani dengan puncak Barujari yang terletak di dalam kaldera Rinjani. (dwq) 

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section