1. HOME
  2. DIGITAL
MALWARE

TMZ Jadi Situs Gosip Paling Berbahaya di Dunia, Kenapa?

Ada malware berbahaya mengintai di balik situs-situs populer.

By Adhi 17 Februari 2016 18:20
TMZ.com

Money.id - TMZ adalah salah satu media gosip paling populer di dunia. Konten-konten yang mereka muat selalu terkini dan banyak ditunggu oleh para pemerhati kehidupan selebritas.

Namun sayang, menurut kabar yang beredar, situs (website) TMZ.com ternyata mengandung malware yang berbahaya bagi perangkat pengguna.

Dilansir laman The Register, Rabu 17 Februari 2016, website TMZ berpotensi menyebarkan malvertising, atau malware yang tersebar melalui iklan digital.

Para pembaca website tersebut secara otomatis akan diarahkan ke website lain yang berbahaya danĀ dapat mencuri semua data pribadi pemilik perangkat seperti akun danĀ password email, akun media sosial, nomor telepon, hingga data transaksi perbankan.

Peneliti dari Malwarebytes, Jerome Segura, menyatakan bahwa penyerang situs-situs besar tadi mendapat akses melalui platform iklan ContextWeb dan SmartyAds.

Penyerang juga menggunakan identitas palsu untuk menutupi dan melumpuhkan infrastruktur situs.

Selain TMZ, serangan ini juga telah membahayakan puluhan situs-situs populer di dunia. Rotten Tomatoes, website teknologi Makeuseof, serta website berita The Jerusalem Post adalah beberapa korban dari kejahatan malvertising.

Dengan ini, ratusan juta orang bisa terkena malware, mengingat pengunjung situs-situs tersebut per bulannya bisa mencapai belasan atau bahkan puluhan juta orang.

Sebagi contoh, Rotten Tomatoes tercatat dikunjungi 39,1 juta orang per bulan, sementara Makeuseof dikunjungi 28,6 juta orang per bulan. (poy)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section