1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS ONLINE

Toko Online Rakuten Resmi Undur Diri dari Tanah Air

Selain Indonesia, Rakuten juga hengkang dari Singapura dan Malaysia.

By Adhi 17 Februari 2016 17:12
Rakuten.co.id

Money.id - Industri e-commerce Indonesia resmi akan kehilangan satu pemain besar. Rakuten, perusahaan e-commerce asal Jepang menggulung lapaknya di Tanah Air terhitung per 1 Maret 2016.

Rakuten tak cuma menghentikan operasi toko online-nya di Indonesia, tetapi juga di Singapura dan Malaysia. Namun, kantor pusat regional Asia Tenggara mereka yang terletak di Singapura akan tetap beroperasi. Demikian seperti yang dikutip dari laman Merdeka.com.

Perusahaan yang sudah lahir sejak 1997 itu mengatakan jika langkah ini adalah bagian dari upaya untuk menaikkan pendapatan mereka pada 2020. Empat tahun lagi, Rakuten menargetkan mampu meraup 1700 milyar Yen (sekitar Rp203 triliun). 

Saat mengakses situs Rakuten.co.id, pengguna kini akan langsung menemukan pengumuman di bagian atas laman tersebut. Di sana, terpampang pula bahwa semua sisa Rakuten Super Points yang dimiliki pengguna akan berakhir 29 Februari 2016.

Hilang arah di Asia Tenggara

Dalam keterangannya, pihak Rakuten Global telah mengungkapkan alasan kenapa mereka memutuskan untuk hengkang dari Indonesia.

"Ini merupakan bagian dari transformasi dari perdagangan elektronik yang menjadi kunci dari peta strategi global Rakuten di masa depan yang diumumkan pada 12 Februari kemarin. Di Asia Tenggara, terkait adaptasi dan perubahan kondisi pasar, kami sedang mencari arah untuk model bisnis mobile consumer to consumer (C2C) serta bisnis lainnya," ungkap juru bicara Rakuten yang tak disebutkan namanya.

Merchant serta pelanggan dapat tetap menghubungi kantor Rakuten untuk setiap pertanyaan serta permohonan dalam hal dukungan ataupun bantuan. 


Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section