1. HOME
  2. NEWS
NEWS

10 Negara Asia Paling Kuat, Indonesia Kalahkan Australia (I)

Militer memiliki peran utama untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

By Rohimat Nurbaya 12 November 2015 10:00
Komando Pasukan Khusus Indonesia (Foto: www.amnesty.org)

Money.id - Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua ini memiliki 10 negara dengan militer terkuat di dunia. Kekuatan itu dihitung dari Power Index (PwrIndx) scores provided dari Global Firepower.

Militer memiliki peran utama untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara. Selain itu, mereka memiliki fungsi penting untuk menjaga perbaatasan suatu negara.

Dikutip dari asianrangking.com, berikut 10 negara di Asia dengan militer terkuat, Indonesia berada di urutan kesembilan di atas Australia.

Baca Juga: 10 Negara Terkuat, Tiongkok Paling Hebat

10. Australia

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index sebebsar 0.8253. Pengeluaran Australia untuk militer terbesar ke-13 di dunia. Angkatan bersenjata mereka diberinama Australia Defense Force (ADF).

Tentara Amerika dibagi tiga yakni, Royal Australian Navy (RAN), The Australian Army dan the Royal Australian Air Force (RAAF).

9. Indonesia

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index sebesar 0.8008. Indonesia memiliki sekitar 400 ribu orang tentara aktif. Anggaran negara dialokasikan untukn militer sebesar persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

8. Taiwan

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index sebesar 0.7564. Sebagian besar militer di daratan Tiongkok dibekali dengan teknologi sangat mutakhir.

Pembangunan militer di Taiwan dianggap sudah berhasil, tetapi meski demikian Power Index sebesar itu menurun dari tahun sebelumnya.

7. Pakistan

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index sebesar 0.7369. Paskistan memiliki keuatan militer yang pantas diperhitungkan. Angkatan bersenjata di sana terbesar ketujuh di dunia.

6. Israel

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index sebesar 0.5887. Israel merupakan salah satu negara dengan anggaran terbesar untuk militer dibanding negara maju lainnya. Kekuatan militer di negara ini dibagi tiga, yakni angkatan darat, udara dan laut.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section