1. HOME
  2. FRESH

Mitos dan Fakta Soal Perawatan Rambut

Sebagian besar mitos tidak benar. Cari informasi yang benar agar Anda tidak salah saat merawat rambut.

By Ita Malau 28 Oktober 2015 14:20
Rambut indah (rockforhealth.org)

Money.id - Siapa yang tidak ingin memiliki rambut berkilau dan indah? Hampir semua wanita menginginkannya. Tak heran, banyak tips rambut sehat yang bermunculan untuk menjawab kebutuhan itu.

Namun tidak semua tips tersebut benar. Sebagian tips ternyata berasal dari mitos yang selama ini dipercaya bisa membuat rambut tampak indah dan bercahaya.

Padahal, jika apa yang diperintahkan dalam mitos tersebut dikerjakan, bukannya rambut indah yang didapat, tetapi rambut rusak yang membuat seorang wanita jadi kurang percaya diri.

Berikut ini beberapa mitos salah yang harus dihindari agar rambut berkilau dan sehat, seperti dikutip dari laman Boldsky:

1. Semakin lama disisir, rambut akan lebih bercahaya

Mitos ini sering dilontarkan dan kita secara tidak sadar telah melakukannya. Padahal, menyisir rambut berlebihan justru membuat rambut kusam dan akhirnya rusak. Rambut kita membutuhkan beberapa sisiran lembut untuk menyebarkan minyak alami dari pangkal ke ujung. Namun, menurut para ilmuwan, menyisir rambut secara berlebihan hanya menciptakan fiksi yang tidak perlu dan menyebabkan kerusakan rambut.

2. Keramas setiap hari

Polusi, kelembaban, dan debu sering membuat rambut kita kusam dan kotor. Untuk menghilangkan kotoran, sebagian besar orang akan keramas dan memberikan kondisioner pada rambut setiap hari. Namun menurut para ahli, ini adalah salah satu alasan utama mengapa kita tidak mendapatkan rambut berkilau.

Ahli rambut mengatakan, rambut kita terlihat dan terasa sangat bagus ketika minyak alami melembabkan rambut dari pangkal sampai ke ujung. Untuk mendapatkan rambut berkilau, seseorang harus keramas setiap dua hari sekali atau tiga kali dalam seminggu dengan sampo ringan.

3. Menyisir saat rambut basah

Sebagian besar orang menjalani kehidupan yang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk perawatan rambut. Karena terburu-buru untuk bersiap-siap, orang cenderung menyisir rambut dalam keadaan masih basah. Memang rambut basah lebih mudah disisir dan diatur tetapi juga sangat rapuh. Menyisir rambut saat basah dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Para ahli menyarankan, pakailah sisir khusus antikusut. Rambut basah rapuh dan harus ditangani dengan hati-hati.

4. Pengering rambut setelah keramas

Jika Anda ingin rambut mengkilap dan berkilau, jangan pakai hair dryer saat rambut basah karena akan menyebabkan banyak kerusakan rambut. Para ahli menyarankan penggunaan pengering rambut pada rambut basah selama maksimal 20 menit. Lindungi rambut dengan serum perlindungan panas untuk melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh udara panas dari hair dryer.

5. Tidak perlu trim rambut

Rambut bercabang akan membuat rambut kusam dan tidak hidup. Jika memanjangkan rambut, Anda kerap sayang memotong ujung rambut (trimming). Ahli rambut mengatakan salah satu cara untuk tetap menjaga rambut panjang kita selalu sehat adalah dengan hair trimming. Ujung rambut sering kali bermasalah dengan menjadi kering dan bercabang. Karena itu rambut harus di-trim setiap delapan minggu sekali.

6. Menggunakan banyak produk perawatan rambut

Siapa yang tidak suka melihat wanita dengan rambut panjang lurus dan bercahaya. Tapi kita semua tahu, untuk mendapatkan hal itu seseorang harus menggunakan banyak kondisioner, voluminzer, dan hair spray.

Namun, ada batasan untuk menggunakan semua itu. Penggunaan produk terlalu banyak malah membuat rambut Anda kehilangan cahayanya.

(im/im)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section