1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

4 Langkah Mudah Cegah Dehidrasi Kulit

Faktor penyebab kulit dehidrasi, mulai dari pengaruh usia hingga polusi dan suhu panas.

By Dian Rosalina 28 Oktober 2015 07:05
Ilustrasi kulit sehat (www.naturals.in).

Money.id - Kulit mengelupas, bibir kering, pecah-pecah, dan haus terus-menerus adalah tanda kulit mengalami dehidrasi. Kulit dehidrasi hanya bersifat sementara dan dapat dinormalkan kembali fungsinya.

Dermatologi dari Maharis Clinic, dr. Kevin Maharis, mengatakan, ada beberapa faktor penyebab kulit dehidrasi, mulai dari pengaruh usia hingga polusi dan suhu panas. Namun jangan keburu khawatir, karena ada empat langkah mudah mencegah kulit dehidrasi.

Pelembab
Sedikit yang menyadari manfaat pelembab wajah dan tubuh atau body lotion. Produk perawatan kulit itu dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit bersisik.

Untuk pelembab wajah, pastikan produk tersebut mengandung tabir surya, sedangkan untuk body lotion, pilih yang sesuai dengan kegiatan Anda. Bila kegiatan Anda lebih banyak di luar ruangan, pastikan produk mengandung SPF lebih tinggi ketimbang body lotion biasa.

Pembersih wajah
Sering kali Anda mencoba berbagai produk pembersih wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun sebagian besar produk pembersih wajah Anda mengandung banyak busa. Tapi tahukah Anda, hal tersebut malah dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi.

Dehidrasi yang disebabkan karena salah menggunakan pembersih tersebut ditandai dengan wajah yang kesat, usai membersihkan kotoran di wajah. Saat itulah kelembaban kulit ikut hilang. Semakin sedikit busa yang terkandung dalam sabun pembersih wajah, semakin sedikit pula kelembaban kulit yang hilang.

Air putih
Air putih tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, seperti menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menurunkan berat badan, mengeluarkan racun, dan penghilang dehidrasi. Air putih juga bermanfaat bagi kecantikan karena dapat menjaga kelembaban kulit.

Oleh karena itu minumlah air putih minimal delapan gelas perhari. Bila dirasa minum air putih tidak cukup, cobalah mengonsumsi minuman pengganti ion atau air kelapa.

Dokter
Ada baiknya bila Anda berkonsultasi ke dokter kulit bukan hanya ketika ada keluhan saja. Berkonsultasi ke dokter saat kulit dalam keadaan sehat dilakukan guna memastikan kulit terhidrasi, sekaligus sebagai pemeriksaan dini.

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section