1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Ini Rahasia Es Krim Turki Terlihat Elastis dan Tak Mudah Cair

Es krim Turki ternyata terbuat dari...

By Azalia Amadea 19 Agustus 2016 12:02
Atraksi penyajian es krim Turki (stylemagazine.com.au)

Money.id - Es krim Turki terbilang salah satu sajian es krim yang unik. Es krim ini dapat dibolak-balik oleh penyajinya tanpa takut es krim mencair lalu jatuh. Sebenarnya apa yang menyebabkan es krim tersebut begitu elastis serta tidak mudah jatuh ketika di balik?

Melansir laman worldfoodist.com, Jumat 19 Agustus 2016, es krim Turki ternyata terbuat dari susu kambing dan campuran akar anggrek liar yang sudah dihaluskan. Dua bahan tersebut penyebab utama es krim menjadi elastis. 

Penyajian es krim Turki
© 2016 money.id/lakshmisharath.com

Salep atau akar anggrek liar dibuat menjadi tepung yang merupakan bahan utama dalam pembuatan es krim tersebut. Kemudian tepung salep ditambahkan gula dan susu, lalu didinginkan. Proses pembekuannya pun cukup lama hal ini dilakukan agar es krim tidak mudah cair.

Dalam suhu 30 derajat dan kelembaban 80 persen, es krim Turki mampu bertahan sehingga tidak cair. Teksktur es krim yang kuat tersebut membuat para penyajinya dapat melakukan berbagai atraksi lucu.

Atraksi unik yang terlihat seperti sulap tersebut begitu digemari oleh anak-anak. Bahkan atraksi membolak-balikan es krim dengan tongkat besi panjang tersebut sudah menjadi ciri khas penyajian es krim Turki. 

Sajian es krim Turki
© 2016 money.id/worldfoodist.com

Meski elastis seperti permen karet, rasa es krim Turki tidak sama sekali seperti permen karet yang kenyal. Bahkan es krim tersebut begitu terasa lembut dan tentunya manis. Pilihan rasa es krim Turki juga beragam.

Kini es krim Turki atau yang disebut juga dengan Dondurma sudah populer di berbagai negara. Dapat dengan mudah es krim Turki ditemui di pusat kuliner yang berada di dalam mall-mall. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section