1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Catat, Begini Cara Memilih Telur yang Masih Segar dan Layak Konsumsi

Berikut cara tepat memilih telur yang masih segar dan tentunya layak konsumsi.

By Azalia Amadea 16 Agustus 2016 09:35
Telur ayam (localharvest.org)

Money.id - Telur ayam sudah menjadi bahan makanan sehari-hari yang selalu digunakan untuk berbagai olahan masakan. Tak terkecuali untuk membuat aneka kue, roti hingga pasta. Tetapi, mungkin Anda pernah menemukan telur yang akan Anda gunakan ternyata busuk dan tidak layak konsumsi.

Jangan khawatir, hal ini dapat dicegah jika Anda mengetahui cara memilih telur yang tepat. Melansir laman bogasari.com, Selasa 16 Agustus 2016, berikut cara tepat memilih telur yang masih segar dan tentunya layak konsumsi.

1. Rendam telur dalam air 

Skema usia telur
© 2016 money.id/infosehati.com

Rendam telur dalam air bersuhu ruangan. Kemudian perhatikan, jika telur mengambang hingga ke atas permukaan air artinya telur tersebut sudah rusak dan tidak layak konsumsi.

Demikian pula pada telur yang sudah berumur 2-3 minggu, posisinya akan hampir tegak lurus karena meluasnya rongga udara di bagian dalam (B). Kemudian telur yang sudah seminggu akan tenggelam dengan posisi miring, sedikit terangkat pada bagian rongga udaranya (C).

Sedangkan, untuk telur yang masih bagus dan segar akan tenggelam dengan posisi rata saat direndam (D).

2. Warna cangkang telur

Warna cangkang telur yang layak konsumsi adalah berwarna cokelat gelap. Permukaan cangkang juga terasa lebih kasar saat diraba. Pastikan juga telur bersih dari kotoran-kotoran yang menempel.

3. Guncangkan telur

Telur yang bagus saat diguncang tidak akan mengeluarkan suara atau tidak terasa 'kopong'. Hal tersebut dikarenakan "ikatan" antara putih dan kuning telur masih dalam kondisi baik.

4. Pecahkan telur

Telur yang masih segar dan layak konsumsi ketika dipecahkan kuning telurnya akan berada diposisi tengah dan putih telurnya tidak cair. Perhatikan juga warna kuning telur, kuning telur yang berwarna oranye lebih sehat untuk dikonsumsi daripada yang berwarna kuning biasa. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section