1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Jangan Hamburkan Uang, Ini 4 Cara Atur Keuangan bagi Para Lajang

Ada cara untuk sukses mengatur keuangan saat masih lajang seperti mengadakan evaluasi keuangan setiap bulan.

By Abdul Kharis 18 Mei 2016 18:21
Lajang saat mengatur keuangannya (dailyfinance.com)

Money.id - Para lajang yang masih muda dan belum memiliki tanggung jawab kerap kali menghabiskan uangnya secara sembarangan. Mereka tidak memiliki pengaturan keuangan di dalam hidupnya. Ada cara untuk sukses mengatur keuangan saat masih lajang seperti mengadakan evaluasi keuangan setiap bulan.

Memang banyak anak muda masih tidak peduli dengan uang yang dimiliki, hal ini disebabkan karena mereka belum memiliki tanggung jawab. Padahal sangat penting untung belajar mengatur keuangan semenjak dini.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh saat mengatur keuangan sejak masih lajang seperti tidak akan kesusahan ketika melakukan hal tersebut saat sudah bekerja atau menikah.

Mengutip dari success.com, Rabu, 18 Mei 2016, berikut empat cara sukses mengatur keuangan untuk para lajang.

1. Evaluasi keuangan

Para lajang memang belum mencari dan mendapatkan uang sendiri, tetapi mereka tetap memiliki pengeluaran dan pemasukan keuangan. Cobalah sejenak untuk memikirkan dan menuliskan keadaan keuangan Anda saat ini.

Buatlah sebuah evaluasi dari pemasukan dan pengeluaran Anda. Hal ini akan membuat Anda sukses merencanakan keuangan di masa lajang dan sukses di masa mendatang.

2. Tentukan impian keuangan Anda

Saat membuat impian keuangan, Anda akan membuat pengaturan keuangan menjadi baik. Hal ini karena saat memiliki mimpi tentang keuangan, Anda akan berusaha mewujukannya dan membuat pengaturan uang yang lebih baik.

Nah, jika Anda ingin sukses dalam mengatur keuangan saat masih lajang, segerelah tentukan impian keuangan sejak kini.

3. Buatlah tujuan keuangan Anda menjadi jelas

Para lajang biasanya belum jelas dan masih samar-samar menentukan tujuan yang ingin dicapai. Buatlah tujuan keuangan Anda menjadi jelas, misalnya digunakan untuk menikah, membeli mobil, atau rumah.

Melakukan hal ini akan membuat Anda sukses mengatur keuangan karena ingin segera mencapai tujuan.

4. Memiliki tata kelola keuangan yang baik

Nah, yang terakhir adalah memiliki tata kelola keuangan yang baik. Anda harus mengetahui berapa besar pemasukan keuangan dan berpikir ulang sebelum membelanjakannya, apakah itu hanya sekadar keinginan atau memang hal yang dibutuhkan.

Hal ini dapat membuat pengaturan keuangan Anda sewaktu lajang sukses dan akan memberikan efek positif ketika sudah berkeluarga nanti. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section