1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Catat, 3 Cara Sukses untuk Pinjam Uang ke Keluarga dan Teman

Tenang saja, ada beberapa cara untuk meminjam uang seperti mengambil hatinya dengan mengajak untuk sekadar ngopi dan makan siang.

By Abdul Kharis 16 Mei 2016 07:35
Uang (Dwi Narwoko/money.id)

Money.id - Seseorang akan bingung bila tidak memiliki uang. Kondisi seperti itu bisa dialami siapa saja. Ingin meminjam kepada keluarga atau teman tetapi malu.

Hal ini sering terjadi di pertengahan bulan seperti saat ini, keperluan masih sangat banyak akan tetapi uang sudah habis. Tenang saja, ada beberapa cara untuk meminjam uang kepada orang terdekat seperti mengambil hatinya dengan mengajak ngopi atau makan siang.

Memang terlihat memalukan, tetapi lebih baik bercerita kepada keluarga atau teman dibandingkan dengan meminjam ke rentenir atau ke bank, karena Anda akan dikenakan bunga tinggi.

Mengutip dari quickbooks.intuit.com, Minggu, 15 Mei 2016, berikut adalah tiga cara sukses untuk meminjam uang kepada keluarga atau teman.

1. Yakinkan keluarga atau teman Anda

Anda harus meyakinkan mereka sebelum menghubunginya untuk meminjam uang. Anda harus memastikan berapa banyak uang yang akan dipinjam dan berikan alasan yang jelas mengapa meminjam uang itu.

Selain itu, Anda harus memberitahu kapan uang itu dikembalikan dan konsekuensi apabila telat mengembalikannya. Jangan pernah telat mengembalikan uang kepada keluarga atau teman, karena itu akan merusak kepercayaan mereka.

2. Ambil hatinya

Sebelum meminjam uang, jangan langsung to the point kepada topik masalah. Ajaklah keluarga atau teman Anda untuk ngopi atau makan di restoran untuk sekadar bernostalgia.

Setelah melakukan hal tersebut, ceritakanlah masalah keuangan Anda kepada mereka. Dan pada akhirnya, Anda memberitahu mereka bahwa ingin meminjam uang.

Cara ini diyakini akan berhasil dan Anda akan mendapatkan uang. Tetapi hal itu terjadi hanya apabila teman dan keluarga Anda memiliki uang lebih.

3. Ingatkan keluarga dan teman tentang kebaikan Anda di masa lampau

Nah, sesaat sebelum meminjam uang, alangkah baiknya mengingatkan teman Anda tentang masa lalu saat membantunya. Ingatkanlah kembali keluarga dan teman saat Anda dahulu pernah berbuat baik kepadanya.

Dengan melakukan hal ini mereka akan merasa berutang budi. Dan saat mengutarakan niat meminjam uang, keluarga dan teman Anda pasti dengan senang hati meminjamkannya.

Itulah tiga cara sukses utuk meminjam uang kepada teman dan keluarga, tetapi pastikan Anda melunasinya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jaga komitmen, agar tidak kehilangan kepercayaan dari mereka. (poy)

Baca juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section