1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

7 Tips Keuangan Agar Jadi Orang Kaya

Ternyata ada tips keuangan untuk menjadi orang kaya, seperti menjadi egois dalam hal keuangan sendiri.

By Abdul Kharis 18 Mei 2016 12:38
Orang kaya raya (youtube.com)

Money.id - Menjadi kaya raya adalah keinginan banyak orang. Tapi masih banyak orang yang belum bisa mewujudkannya. Agar dapat mewujudkannya, kita perlu sedikit egois dalam hal keuangan sendiri.

Untuk menjadi kaya raya, bukanlah hal yang mudah. Selain bekerja keras, ternyata Anda harus mempunyai pintar dalam mengatur keuangan.

Mengutip dari businessinsider.com, Rabu, 18 Mei 2016, berikut adalah tujuh tips keuangan untuk menjadi orang kaya raya.

1. Mengetahui pengeluaran dan pemasukan keuangan

Tidak bisa menjadi kaya raya tanpa mengetahui pemasukan dan pengeluaran uang Anda, jadi langkah pertama adalah mulai mengatur keuangan. Setelah melakukan hal tersebut, Anda dapat mengendalikan keuangan untuk membuka jalan menjadi orang kaya raya.

2. Berhemat

Hemat dapat dilakukan dengan banyak cara, misalnya, Anda bekerja setiap hari, sedangkan di rumah memasang tv kabel tapi tidak ada yang menggunakannya? Hentikanlah. Dengan berhemat seperti ini, akan mengurangi pengeluaran dan mulai mengarahkan Anda menjadi orang kaya.

3. Jadilah egois

Egois dan mengurus diri sendiri dulu dalam hal keuangan, dan kemudian Anda dapat memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk mengurus orang lain. Dalam hal keuangan, banyak dari kita menempatkan orang lain terlebih dahulu dan kemudian tidak dapat membantu diri kita sendiri.

Tidak dapat dipungkiri, untuk menjadi orang kaya Anda harus memiliki sifat egois saat belum menjadi kaya raya. Pikirkanlah diri Anda terlebih dahulu, baru pikirkan orang lain.

4. Jadilah tanpa pamrih

Meskipun ingin menjadi egois dengan waktu dan uang pada awalnya, Anda harus menjadi tanpa pamrih saat membatu orang lain. Para pengusaha kaya selalu memberi dan fokus pada membantu orang lain. Dengan demikian, lebih banyak uang muncul sebagai imbalan.

5. Rajinlah membaca

Orang-orang terkaya dan paling cerdas di dunia memiliki sesuatu yang sama yaitu mereka semua rajin membaca. Hal ini sangatlah murah, bahkan gratis, dan Anda bisa mendapatkan akses ke orang-orang yang paling brilian dan inspiratif sepanjang masa.

Investasi terbaik pada diri sendiri akan didapatkan dengan membaca .

6. Berteman dengan orang-orang kaya

Jaringan pergaulan Anda adalah sumber kekayaan, pekerjaan dan ide membuat bisnis seringkali datang dari sosok teman. Dengan menjalin hubungan yang akrab dengan orang kaya raya, akan menyebakan Anda mempunyai pola pikir keuangan seperti mereka.

Melakukan hal ini akan cepat membantu Anda turut menjadi orang kaya seperti mereka.

7. Kurangi tujuan Anda

Kebanyakan orang bahkan tidak mencapai tujuan mereka karena terlalu banyak memiliki tujuan. Hal ini disebabkan oleh pikiran mereka yang tidak fokus dan bercabang untuk menggapai banyak tujuan.

Untuk menjadi kaya raya, fokuskanlah tujuan Anda pada hal tersebut. Kurangi tujuan dalam hidup Anda sehingga dapat fokus pada tujuan ini.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section