1. HOME
    2. FINANCE
FINANCE

Ada Banyak Arti Bank dalam Istilah Keuangan, Apa Saja?

Istilah keuangan yang dimulai dari huruf B diantaranya seperti bank, bank kliring, bank koperasi, dan bank korespoden.

By Abdul Kharis 17 Mei 2016 17:32
Ilustrasi uang (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Banyak istilah keuangan yang tidak diketahui orang. Bahkan banyak orang tidak peduli dengan hal tersebut, padahal itu sangat sering ditemui dan diperlukan.

 

Jika pada artikel sebelumnya Money.id sudah membahas istilah keuangan dari huruf A, berikut ini akan dijelaskan apa saja istilah dari huruf B. (Baca: Ini Istilah-istilah Keuangan yang Dimulai dari Huruf A)

Ternyata ada ada banyak istilah keuangan yang menggunakan kata bank dengan berbagai arti seperti bank kliring, bank koperasi, dan bank korespoden.

Mengutip dari berbagai sumber, Selasa, 17 Mei 2016, berikut adalah istilah-istilah keuangan yang dimulai dari huruf kedua abjad yaitu huruf B.

Bank: Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan menyalurkan uang dalam masyarakat, terutama dengan memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Bank Kliring: Bank peserta kliring yang menerima cek atau bilyet giro yang dikeluarkan oleh bank lain untuk diselesaikan.

Bank Koperasi: Bank yang berbentuk badan hukum koperasi.

Bank Koresponden: Bank yang berdasarkan perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain untuk saling memberikan jasa dan atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan.

Bank Mobil: Pelayanan bank melalui loket kepada nasabah yang tetap berada dalam kendaraannya.

Bank Pelaksana: Bank yang ditunjuk untuk melaksanakan transaksi tertentu.

Bank Penerbit: Bank yang mengeluarkan uang atas permintaan.

Bank Pembuka: Bank yang membuka surat kredit atas permohonan nasabahnya.

Bank Penerus: Bank yang meneruskan surat kredit kepada penikmat, tanpa terikat pada ketentuan-ketentuan dalam surat kredit yang bersangkutan, dan penerusan dilakukan setelah diperoleh keyakinan akan kebenaran sandi atau tanda tangan pembuka.

Bank Sentral: Bank yang tugas pokok membantu pemerintah dalam mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah, mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja, guna meningkatkan taraf hidup rakyat, misalnya di Indonesia bank sentral adalah Bank Indonesia.

Bank Umum: Bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dan dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka pendek.

Bersambung ke halaman berikutnya

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section