1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Mengenal Black Box, si Kotak Ajaib di Pesawat

Ternyata di dalam kotak berwarna oranye terang ini terdapat....

By Nur Chandra Laksana 10 Juli 2016 10:11
Black Box (gizmodo.com)

Money.id - 'Black Box' atau dalam bahasa Indoneisa disebut dengan kotak hitam merupakan bagian terpenting pada pesawat terbang dan kapal laut. Benda itu mampu menyimpan data penerbagan dan mengirim sinyal lokasi, apabila pesawat atau kapal mengalami kecelakaan. 

Dilansir dari laman Gizmodo, Minggu 10 Juli 2016, kotak yang sebenarnya berwarna oranye terang ini sengaja didesain, agar dapat bertahan dalam keadaan paling ekstrim. Kotak ini dapat menahan tekanan saat benturan kecelakaan atau tekanan air hingga 3.400 G.

Selain itu, kotak ini juga dapat menahan panas ekstrim hingga di titik 982 derajat selsius. Hal ini dimaksudkan untuk menyelamatkan kotak tersebut dari panas pesawat yang terbakar saat kecelakaan.

Segala ketahanan tersebut adalah demi melindungi data-data yang ada didalam kotak tersebut. Data tersebut adalah riwayat penerbangan, riwayat lokasi, percakapan pilot, dan lainnya.

Semua informasi tersebut terdapat di dalam chip yang terletak di dalam kotak tersebut. Penasaran dengan isi lain dari 'Black Box'? Jika penasaran, silahkan simak videonya berikut ini. (els)

 

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section