1. HOME
    2. FOODILICIOUS
KULINER NUSANTARA

Ayam Bakar Rencong, Senasi Kuliner Murah di Bandung Selatan

Rumah makan tersebut berawal dari warung kecil hingga sekarang diminati banyak kalangan.

By Rohimat Nurbaya 21 September 2015 15:07
Ilustrasi ayam bakar (Foto: Twitter)

Money.id - Makanan dari olahan ayam digemari banyak kalangan, terutama ayam goreng dan ayam bakar. Banyak restoran yang memodifikasi makanan olahan tersebut supaya berbeda dengan yang lainnya.

Ketika jalan-jalan ke wilayah Bandung Selatan, Anda akan menemukan rumah makan 'Ayam Bakar Rencong' yang terkenal dengan olahan ayam. Nama Recong mengingatkan pada salah satu senjata tradisional khas Aceh.

TetapiĀ  nama tersebut tidak ada kaitannya dengan itu, melainkan diambil dari nama daerah tempat rumah makan itu berada, yakni Rengas Condong, kemudian disingkat jadi Rencong.

Rumah makan yang terletak di Jalan Raya Banjaran nomor 253, Bandung itu setiap harinya dibanjiri para pelanggan, baik orang Bandung sendiri maupun dari luar kota. Ayam Bakar Rencong terkenal dengan sajian ayam bakar dengan tekstur lembut dan halus.

Hal tersebut karena ayam bakar di sana sebelumnya telah diolah terlebih dahulu. Sehingga membuat bumbu lebih meresap dan proses pembakaran menjadi tidak terlalu lama. Buktinya kulit dan daging ayam yang berwarna merah sempurna, tidak gosong atau berwarna hitam. Ayam Bakar Rencong pun terkenal dengan tempatnya yang sangat bersih.

Harga murah

Ayam Bakar Rencong pun mematok harga tidak terlalu tinggi, satu ekor ayam bakar kampung saja dihargai Rp60.000, kalau ayam negeri atau ayam buras harganya lebih murah dari itu. Sehingga, harganya sangat terjangkau dan pas untuk kalangan menengah.

Selain menu ayam bakar, di sana juga ada makanan-makanan khas Sunda seperti sambal terasi, perkedel, ikan asin dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu nasi yang disediakan juga ada dua macam yakni nasi putih dan nasih merah. Hanya tergantung selera saja ingin pilih yang mana.


Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section