1. HOME
    2. DIGITAL
DIGITAL

Kemendikbud Keluarkan Rating Game Aman dan Berbahaya bagi Anak

Cara membaca rating ini sangat diperlukan bagi para orang tua.

By Nur Chandra Laksana 9 Mei 2016 09:32
(redlinepctech.com)

Money.id - Rencana pemerntah untuk memblokir beberapa game yang dirasa memiliki dampak negatif untuk anak memang sedang kembali dibicarakan. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus bisa membedakan mana game yang aman dimainkan oleh anak dan mana yang tidak boleh dimainkan oleh anak.

Biasanya, di penampang depan atau belakang dari tempat game tersbut terdapat kode internasional yang sudah diberikan oleh badan rating dunia sebelum game tersbut masuk ke pasaran. Ada beberapa tingkatan dari rating tersebut, dimulai dari boleh dimainkan oleh anak-anak hingga hanya dapat dimainkan oleh orang dewasa saja.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan sebuah panduan bagi orang tua untuk membedakan mana game berbahaya untuk anak dan mana yang tidak. Tentu saja, Mendikbud tetap mengikuti peraturan yang sudah berlaku secara internasional atau sering disebut Entertainment Software Rating Board (ESRB).

Penasaran bagaimana cara membaca kode ESRB tersebut? Jika penasaran, mari simak cara membaca kodeESRB seperti yang sudah dikeluarkan oleh Kemendikbud berikut ini.

 

Baca Juga :

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section