1. HOME
  2. NEWS
VIRAL

Terkuak, Ini Alasan Rel Kereta Api Dilapisi Kerikil Bukan Pakai Beton

Ternyata, ada beberapa alasan khusus mengapa rel kereta api dilapisi batu koral atau kerikil.

By Rohimat Nurbaya 13 September 2016 19:07
Ilustrasi Rel Kereta Api (elitereaders.com)

Money.id - Kereta api jadi alat transportasi andalan di kota besar dan dianggap bisa mengatasi masalah kemacetan. Pasalnya kereta api memili lintasan sendiri. Tetapi sadarkan anda, di lintasan kereta api itu selalu dilapisi kerikil? Kemudian mengapa lapisannya tidak menggunakan aspal seperti jalan raya agar lebih terlihat stabil?

Dikutip dari, elitereaders.com, ada alasan khusus mengapa rel kereta api dilapisi batu koral atau kerikil. Salah satunya alasan paling mendasar, karena batu tidak perlu memakan biaya yang mahal untuk membuat pondasi rel kereta api.

(Foto:elitereaders.com)

Apabila menggunakan beton atau aspal yang akan memakan biaya yang besar, tapi jika dengan batu, biaya yang dikeluarkan pun tidak besar. Walau sekedar batu, tapi ini efektif untuk membuat pondasi rel kereta yang kokoh.

Selain itu, batu-batu kecil ini disebut sebagai pemberat rel yang membuat rel kereta api tetap pada tempatnya. Pasalnya, rel kereta api dapat berubah posisi karena panas matahari, udara dingin, getaran tanah atau bahkan ada rumput yang tumbuh di sekitar rel kereta api.

Hal tersebut, dapat membuat rel kereta api tidak stabil yang berdampak pada kecelakaan kereta api. Jadi sebenarnya, batu-batu kecil ini melindungi rel kereta dari elemen-elemen tersebut sehingga rel kereta tidak berubah posisi.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section