1. HOME
  2. NEWS
EKONOMI KREATIF

Bekraf dan Bank DBS Indonesia Gelar Kompetisi Modal Bisnis UKM

Bekraf berharap UKM yang ada di daerah-daerah bisa mengikuti kompetisi ini agar tidak kalah dengan para produsen kreatif dari luar negeri.

By Dian Rosalina 31 Mei 2016 18:09
Ade wahyudi (Managing Director Katadata), Fadjar Hutomo (Deputi Bidang Akses Permodalan Bekraf), Triawan Munaf, Rudy Tandjung (Chief Operating Officer PT. Bank DBS Indonesia), Bayu Syerli (Head Marketing Bukalapak.com) (Money.id/Dian Rosa)

Money.id - Data Badan Pusat Statistik Nasional menyebut bahwa terdapat 57,9 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Dengan jumlah itu UKM mampu menyumbang 57,93 persen dari total pendapatan Domestik Bruto Indonesia di tahun 2014.

Melihat hal tersebut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia menggelar kompetisi modal bisnis untuk para pelaku UKM yang ingin membangun usahanya agar bisa berorientasi ekspor. Kompetisi yang bertajuk DBS Bring Indonesia To Global (BIG): Creative Business Challenge 2016 terbuka bagi para pelaku UKM kreatif yang bergerak dibidang ekonomi kreatif.

"Yang berbeda dengan kompetisi sejenis adalah kompetisi ini lebih menyasar pada industri kreatif yang ada di Indonesia. Seperti subsektor seni rupa, kerajinan tangan, fashion, animasi video, kuliner, serta aplikasi dan pengembangan permainan digital," ujar Chief Operating Officer Bank DBS Indonesia, Rudy Tandjung saat konferensi pers 'Bring Indonesia To Global'', di RUCI Jakarta Selatan, Selasa 31 Mei 2016.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menambahkan, acara tersebut sekaligus membantu Bekraf untuk menjaring talenta UKM terbaik agar bisa bersaing di pasar internasional. Ia berharap UKM yang ada di daerah-daerah bisa mengikuti kompetisi ini agar tidak kalah dengan para produsen kreatif dari luar negeri.

"Sebenarnya bila UKM diberikan akses permodalan yang cukup memadai, bisa berkembang pastinya. Dengan mengikuti kompetisi ini, para UKM akan dibantu untuk mendapatkan pelatihan mengenai bisnis di era digital sekarang ini. Mudah-mudahan tidak sampai di sini saja, terus berlanjut agar UKM yang belum terjaring masih bisa unjuk kemampuan," ujar Triawan.

Kompetisi model bisnis UKM ini pun didukung oleh Bukalapak.com yang nantinya akan membantu para finalis UKM yang lolos untuk membantu bagaimana menggunakan cara digital marketing agar menumbuhkan pendapatan mereka.

"Kami ingin nantinya pengetahuan mengenai digital marketing yang telah kami miliki bisa dimanfaatkan oleh para UKM tersebut untuk memajukan usaha mereka kedeannya. Kami menilai bukan hanya dari ide saja namun segi marketing mereka pun harus berbeda," kata Head of Marketing Bukalapak.com, Bayu Syerli.

Kompetisi DBS BIG 2016

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti kompetisi model bisnis ini, pemenang pertama akan diberikan uang tunai senilai Rp100 juta, Rp70 juta untuk juara kedua, dan Rp50 juta untuk juara ketiga. Sedangkan untuk juara favortit pilihan like terbanyak akan mendapatkan uang tunai senilai Rp25 juta.

Nah, berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta. Serta proses yang akan ditempuh oleh para UKM yang akan jadi finalis.
Para peserta harus merupakan pelaku UKM Kreatif berkewarganegaraan Indonesia yang telah berjalan minimal satu tahun dan berorientasi ekspor.
Peserta harus mempunyai usaha dengan omzet minimal Rp300 juta per tahun dan maksimal Rp3 miliar per tahun. Dan memiliki kekayaan bersih minimal Rp500 juta dan maksimal Rp10 miliar.

Pelaku usaha yang telah mendapatkan pedanaan, bisa mengikuti kompetisi ini asal batasan nilai pendanaan tidak lebih dari Rp10 miliar.

Peserta harus membuat durasi maksimal 5 menit yang menceritakan mengenai profil UKM kreatif yang dikelola termasuk jenis usaha, produk/jasa yang dihasilkan, keunggilan produk/jasa, dan pasar ekspor yang dituju nantinya. Unggah video ke Youtube dengan menyertakan tautan video ke gsmcindo@dbs.com bersubjek 'DBS BIG'.

Untuk info selengkapnya Anda bisa mengunjungi situs go.dbs.com/big.

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section