1. HOME
  2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Hebat, Mahasiswa Indonesia Bantu Hemat Distribusi Darah di Inggris

Kontribusi utama Luluk berhasil mengidentifikasi tingkat stok ideal untuk menghindari pemborosan stok darah akibat kedaluwarsa.

By Rohimat Nurbaya 21 Januari 2016 13:15
Luluk Lusiantoro (BBC)

Money.id - Luluk Lusiantoro, mahasiswa asal Indonesia mendapatkan penghargaan Dissertation of the Year Award 2015, penghargaan bergengsi tahunan yang diberikan Chartered Institute of Logistics and Transportation di Inggris.

Dikutip dari BBC, mahasiswa asal Tulungagung, Jawa Tengah tersebut dianggap berjasa karena hasil penelitiannya berhasil membantu penghematan persediaan darah dinas kesehatan setempat.

Penelitian itu sebelumnya belum pernah dilakukan sama sekali. Luluk berhasil mengalkulasikan jumlah pasokan darah berlebih di Inggris setelah mempelajari sistem distribusi darah di Bristol dan Rumah Sakit John Radclife, Oxford.

Kontribusi utama mahasiswa doktoral manajemen di Universitas Cranfield, Inggris itu, telah berhasil mengidentifikasi tingkat stok ideal untuk menghindari pemborosan stok darah akibat kedaluwarsa.

Dalam disertasinya, Luluk menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisa kebutuhan darah, stok dan pemborosan baik di pusat darah atau rumah sakit terkait. 

Dengan regresi linier, pemborosan diharapkan dapat diprediksi, korelasi tingkat rata-rata stok darah dan pemborosan bisa dikontrol dengan mudah. 

Luluk mengaku senang karena keberhasilannya itu. Hal tersebut, memotivasi dirinya untuk meniti karier sebagai peneliti di bidang logistik dan rantai pasok. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section