1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Strategi Kaskus Bertahan dalam Gempuran Industri Digital

Berbagai cara dilakukan supaya forum Kaskus tetap ada.

By Rohimat Nurbaya 13 Januari 2016 16:08
Pendiri Kaskus, Andrew Darwis (kaskus.co.id)

Money.id - Kaskus merupakan forum paling banyak dilirik netizen di Indonesia. Keberadaannya tidak hanya dijadikan ajang bersosialisai dan berbagi informasi di dunia maya, tapi jadi lahan bisnis bagi sebagian besar pengguna yang biasa disebut Kaskuser.

"Pengguna Kaskus sekarang sudah ada 8 juta registered member dengan 25 juta unique visitor tiap bulan," kata Chief Technology Officer (CTO), Andrew Darwis kepada Money.id beberapa waktu lalu.

Pendiri Kaskus itu mengatakan, salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh para Kaskuser adalah Forum Jual Beli (FJB). Di sana merupakan 'lapak' tempat penjual dan pembeli saling berkomunikasi.

Mahasiswa Columbia University di Kaskus (Instagram/@adarwis)

Dia yakin meski saat ini sudah banyak e-commerce atau situs jual beli online bermuculan di Indonesia keberadaan Kaskus tidak akan pernah tergantikan. Sebab menurutnya Kaskus berangkat dari sebuah komunitas yang sangat besar.

"Kaskus adalah sebuah pasar mandiri yang diberikan oleh kaskus untuk Kaskuser dan dikembangkan secara terus menerus berdasarkan kebutuhan Kaskuser," ujar dia.

 

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section