1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Zat Super Ini Turunkan Risiko Penyakit Mata

Zat itu melindungi makula dari kerusakan cahaya biru atau radiasi sinar yang menyebabkan AMD.

By Dian Ardiahanni 11 Oktober 2015 11:48
Ilustrasi mata sehat (pamelagellercom).

Money.id - Para peneliti menemukan zat super yang dapat menurunkan risiko penyakit mata age-related macular degeration (AMD) atau degenerasi makular terkait usia. Penurunan risikonya hingga 40 persen.

Para peneliti dari Harvard University menemukan, zat super lutein yang tergolong karotenoid (pigmen pemberi warna) dan zeaxanthin banyak terdapat pada makula. Zat itu melindungi makula dari kerusakan cahaya biru atau radiasi sinar yang menyebabkan AMD.

Dikutip dari Daily Mail, Minggu 11 Oktober 2015 diberitakan AMD umumnya muncul pada mereka yang berusia di atas 50 tahun. Meski tak menyebabkan kebutaan sepenuhnya, namun penderita AMD akan mengalami kesulitan membaca dan mengenali wajah orang.

Studi Lancet Global Health memperkirakan jumlah penderita AMD akan terus meningkat. Pada 2020 akan ada sekitar 196 juta penderita AMD, terus meningkat pada 2040 menjadi 288 juta orang.

Diketahui hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menangani AMD. Namun Anda dapat mencegah penyakit AMD dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karotenoid, seperti bayam, paprika, telur, brokoli, jagung, ikan.

Selain karotenoid, mereka mengonsumsi alfa karoten, beta karoten, dan beta cryptoxanthin berpeluang menurunkan AMD 25-35 persen. Zat-zat tersebut ada pada dalam wortel, ubi jalar, jeruk, dan persik.




(sm/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section