1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

5 Keajaiban Dunia yang Nyaris Hancur Karena Ulah Turis

Para turis membuang sampah, kotoran, mencoret-coret, hingga buang air kecil seenaknya.

By Dian Ardiahanni 10 Oktober 2015 09:04
Angkor Wat, kuil bersejarah di Kamboja (Pixabay)

Money.id - Jutaan orang bermimpi untuk bisa berpetualang ke tempat baru, tak hanya untuk berlibur namun juga metode terbaik untuk memperkaya wawasan. Sayangnya, banyak wisatawan bersikap tak acuh ketika bervakansi.

Mereka sering kali membuang sampah, kotoran, dan air kecil dengan seenaknya. Bahkan ada yang mengukir inisial mereka pada patung-patung kuno. Hingga beberapa kawasan wisata ini nyaris ditutup bagi para turis.

Berikut beberapa tempat wisata di dunia yang dirusak turis asing seperti dilansir Womanitely.

Venesia

Salah satu lokasi romantis di Italia ini, dikunjungi oleh lebih dari 20 juta orang. Memang, turis merupakan devisa untuk membantu perekonomian kota Venesia. Namun, banyak dari wisatawan itu meninggalkan sampahnya sembarangan. Belum lagi adanya penggunaan kapal pesiar yang menyebabkan bangunan tua di sekitarnya retak.

Koloseum

Lokasi yang dibangun pada era Kaisar Vespasian ini adalah satu dari keajaiban di masa kuno yang masih hidup. Dimana wisatawan bisa menonton pertunjukan gladiator. Tetapi efek polusi berdampak pada kerusakan bangunan itu. Banyak turis yang juga mengambil potongan dari lokasi itu sebagai oleh-oleh.

Tembok Besar China

Memang banyak wisatawan yang menghargai arsitektur Tembok Besar Cina ini sebagai sejarah penting. Namun, tak sedikit juga turis yang iseng dan mengotori peninggalan yang telah terdaftar di UNESCO sejak 1987. Dari tiap kelompok turis, setidaknya ada dua orang yang ingin melompat, memanjat, menuliskan nama mereka dan mengambil potongan batunya. Padahal, membanjirnya pengunjung Tembok Besar Cina tiap harinya sudah berdampak pada kerusakan.

Angkor Wat

Lokasi yang pernah dijadikan untuk syuting film Tomb Raider itu kini memiliki masalah besar terkait pengunjung. Oleh para turis, warisan arkeologi di Kamboja itu sering kali dirusak. Kuil-kuilnya dicoret dengan inisial bahkan ada yang berani melakukan selfie telanjang. Jadi, jika anda akan berkunjung ke Angkor Wat, diharapkan bisa menghargai lingkungan dan bangunan kuno tersebut.

Gunung Everest

Ratusan pendaki mencapai puncak Everest tiap tahunnya. Namun, diantara mereka ada yang cuek dan tidak memedulikan kebersihan kawasan gunung di Nepal itu. Mereka meninggalkan tumpukan sampah. Beberapa dari turis pun tak sadar telah melakukan hal itu. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section