1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Produk Kecantikan Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Tidak perlu menghabiskan uang ke salon, cukup gunakan bahan-bahan berikut ini.

By Dian Rosalina 10 Oktober 2015 16:20
Ilustrasi kecantikan (runwaymagazines.com)

Money.id - Anda mungkin bisa menghabiskan uang dan waktu Anda di salon hanya untuk perawatan tubuh. Namun mengapa tidak coba saja melakukan perawatan sendiri di rumah?

Dilansir dari Shape, Sabtu 10 Oktober 2015, berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa dijadikan produk kecantikan dapat Anda buat sendiri di rumah.

Hidrogen Peroksida
Anda mungkin merasa malu memakai sepatu high heels karena tumit Anda mengalami pecah-pecah. Eits! Jangan buru-buru ke salon dulu, cobalah gunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida adalah cairan bening yang bersifat antibakteri, antijamur dan Anda bisa mendapatkan di apotek terdekat. Rendam tumit yang kering dengan campuran cairan hidrogen peroksida dan air panas selama 35 menit. Kemudian gosok tumit Anda dengan batu apung dan akhiri dengan pemakaian body lotion.

Minyak Jarak
Anda memiliki masalah rambut kering dan sulit diatur? Minyak jarak solusinya. Minyak yang kaya vitamin E ini, berguna untuk menumbuhkan dan merawat rambut secara alami. Oleskan minyak jarak dari ujung kulit kepala hingga ujung rambut lalu tutup dengan kain hangat atau shower cap selama 2 jam atau saat tidur malam. Setelah itu cuci rambut seperti biasa. Lakukan rutinitas ini 1x seminggu, dan dalam tiga bulan Anda akan melihat perbedaannya.

Gliserin, Air mawar, dan Air
Bila Anda khawatir make up Anda akan cepat luntur, cobalah mencampurkan gliserin, air mawar, dan air. Gliserin yang terkandung akan mempertahankan kelembaban kulit dan makeup yang Anda gunakan selama berjam-jam. Sementara air mawar berguna untuk menyegarkan kulit.

Minyak kelapa, Shea Butter, dan Lidah Buaya
Setelah seharian berpanas-panasan Anda mungkin mendapati kulit Anda terbakar. Cobalah gunakan minyak kelapa, shea butter, dan lidah buaya sebagai pengganti body lotion. Ketiga bahan ini dapat membantu mengurangi luka bakar yang disebabkan peradangan akibat sengatan matahari.

Minyak Lavender dan Minyak Kelapa
Waxing yang biasa Anda lakukan terkadang membuat kulit Anda memerah dan mengalami peradangan. Campurkan minyak lavender dan minyak kelapa, kemudian oleskan ke bagian tubuh Anda yang berbulu, kaki atau ketiak. Lalu gunakan alat pencukur untuk mengangkat bulu-bulu tersebut. Selain menjadi waxing alami, lotion ini juga berguna untuk kulit kering dan bersisik, lho.

Air Garam
Selain sebagai penyedap makanan, garam ternyata juga berguna untuk kecantikan Anda. Garam memiliki efek antibakterial terhadap kulit. Berguna untuk mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan jerawat pada kulit. Campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat lalu masukan ke dalam botol semprotan kecil. Semprotkan penyegar wajah ini pada muka Anda dan lakukan ini 2 kali sehari, maka partikel pada garam akan masuk kedalam wajah Anda yang dapat meremajakan kulit.

Kopi
Mungkin kopi adalah salah satu minuman favorit yang Anda minum setiap pagi. Namun tahukah Anda mencuci muka dengan ampas kopi dapat membuat kulit Anda cerah. Caranya siapkan seperempat cangkir ampas kopi lalu campurkan madu secukupnya hingga mengental. Setelah tercampur, usahakan untuk langsung mengoleskannya di wajah. Lalu bersihkan dengan air dan gunakan pelembab setelahnya.

Minyak Zaitun, Beewax, Shea Butter
Bila Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk manikur di salon, kini tidak perlu lagi. Gunakan saja campuran minyak zaitun, beewax, dan shea butter. Salep ini akan mengembalikan kutikula kuku Anda yang rusak.

Daun Eucalyptus
Musim kemarau yang panjang membuat Anda jadi ingin selalu mandi karena panas yang menyengat. Tetapi itu saja tidak cukup bukan? Cobalah gunakan daun Eucalyptus pada handuk Anda. Aroma eucalyptus menimbulkan efek menenangkan yang dapat menghilangkan stress.

Kafein, Garam Inggris, Plastik Wrap
Banyak cara untuk menghilangkan lemak dalam tubuh. Salah satunya menggunakan kafein dan garam inggris. Campurkan kafein dan garam inggris, lalu oleskan di bagian tubuh yang berlemak. Kemudian bungkus ketat bagian tubuh yang telah dioleskan. Lilitan plastik tersebut akan merangsang panas yang akan membakar lemak pada tubuh Anda. (dwq)

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section