1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Musim Sakit, Yuk Jalani 4 Pilar Pola Hidup Sehat Ini

Semakin beraneka ragam makanan yang dimakan, akan semakin tinggi nilai gizi.

By Azalia Amadea 1 Maret 2016 19:17
Ilustrasi gizi seimbang (Foto: thenutritionpost.com)

Money.id - Bagi Anda para pekerja, sangat penting loh menerapkan pola hidup sehat agar semakin produktif dan tidak mudah terserang penyakit. Apalagi, di saat musim penghujan dimana bakteri dan virus berkembang biak dengan pesat.

Tubuh memerlukan sistem kekebalan tubuh yang baik yang bisa Anda dapat dengan pola hidup sehat serta memperhatikan gizi dalam tubuh. Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Gizi yang seimbang didapatkan dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup sehat dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Masalah gizi sendiri terdiri dari dua kategori, yaitu: gizi kurang (malnutrisi) atau gizi berlebih (obesitas). Asupan gizi yang masuk ke tubuh haruslah seimbang dengan kebutuhan gizi yang akan dikeluarkan.

"Contohnya, saat memakan seporsi nasi membutuhkan lauk pauk untuk menyeimbangkannya," jelas ahli gizi Siti Muliana kepada Money.id dalam acara Relaunching Tepung Premiks Chesa di Jakarta, Senin 29 Februari 2016.

Ada 4 pilar prinsip gizi seimbang, menurut Siti. Berikut ulasannya:

1. Aneka ragam makanan
Prinsip pertama tersebut dimaksudkan bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan yang beraneka ragam agar kebutuhan gizi seimbang. Nasi 'miskin' akan protein untuk menyeimbangkannya maka dibutuhkan lauk hewani dan lauk nabati.

2. Perilaku hidup bersih
Membiasakan perilaku hidup bersih sangatlah penting tentunya untuk membuat tubuh kebal terhadap penyakit. Contohnya dengan mencuci setiap makanan yang akan dimakan dan membiasakan mencuci tangan sebelum makan.

3. Aktivitas fisik
Makanan yang masuk harus dikeluarkan dengan cara melakukan aktivitas fisik agar tubuh tidak mengalami kegemukan. Olahraga dibutuhkan tubuh untuk menyeimbangkan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan tentunya membuat hidup menjadi lebih sehat.

4. Pantau berat badan
Memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan agar proporsional. Timbanglah berat badan minimal 2 minggu sekali untuk memantau berat badan.

Gizi seimbang akan didapatkan dengan menerapkan 4 pilar prinsip gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip tersebut juga perlu didukung dengan pola makan gizi seimbang yang dilakukan dengan cara makan teratur 3 kali sehari.

Makanan yang bergizi adalah makanan tersebut terdiri dari beraneka ragam. Semakin beraneka ragam makan akan semakin tinggi gizinya. Sebab tidak ada satu jenis pangan yang gizinya lengkap sehingga menyajikan hidangan untuk keluarga perlu bahan pangan beraneka ragam. (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section