1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Lima Pekerjaan Ini Bisa Bantu Bayar Kuliah

Ada pekerjaan yang tak memerlukan pengalaman sebelumnya, tapi Anda harus memiliki kemampuan untuk...

By Stella Maris 14 Oktober 2015 10:39
Ilustrasi pelatih renang (covsfcom).

Money.id - Usai menyelesaikan pendidikan tingkat akhir, tak sedikit dari mereka mencoba menempuh pendidikan lagi alias kuliah di luar negeri. Berbagai cara dilakukan, mulai dari beasiswa hingga menempuh jalur normal.

Faktanya tidak semua yang kuliah di luar negeri adalah orang kaya. Ada mahasiswa yang memang berasal dari keluarga sederhana bahkan kekurangan, lolos tes calon mahasiswa di universitas luar negeri.

Nah bagi Anda yang sedang kuliah di negara tetangga, beberapa pekerjaan ini dapat membantu membayar uang kuliah. Atau mungkin Anda ingin menjalani beberapa program studi lain secara bersamaan.

Tutor
Beberapa orang memanfaatkan kemampuannya sebagai tutor di sebuah pusat les. Jika Anda memahami ilmu matematika atau pelajaran lainnya, cobalah menjadi guru privat. Pekerjaan tersebut dapat menghasilkan uang US$10-50 atau sekitar Rp130-600 ribu per jam.

Pelatih
Di luar negeri, mereka yang ingin berlatih renang umumnya akan menyewa pelatih atau instruktur dengan bayaran sekitar Rp130 ribu per jam. Nah bila Anda punya kemampuan di bidang itu, mendapatkan sertifikat untuk melatih lebih mudah. Bahkan bila perusahaan yang menggunakan jasa pelatih renang, Anda bisa mendapatkan uang hingga Rp600 ribu per jam asalkan sudah memiliki sertifikat.

Badut
Ingin menghasilkan uang lebih? Jangan malu bekerja sebagai badut di sebuah pesta. Dikutip laman Lifedaily, Rabu 14 Oktober 2015, ketika bergabung dengan agensi badut, Anda akan diajarkan banyak keterampilan guna menghibur anak-anak. Dibayar: Rp340-600 ribu.

Instruktur
Ini adalah pekerjaan yang tak memerlukan pengalaman sebelumnya. Namun bila sudah sering mengikuti kelas di tempat gym dan mengetahui teknik kebugaran, Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi instruktur. Bayarannya cukup menggiurkan, yaitu Rp600 ribu sampai Rp1 juta.



(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section