1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Awas, 5 Makanan Ini Meningkatkan Stres Anda

Hindari 5 makanan ini agar tidak semakin stres.

By Azalia Amadea 24 April 2016 07:30
Ilustrasi stres (Foto: greatist.com)

Money.id - Anda merasa stres? Cobalah untuk mengamati apa yang Anda makan. Mungkin dari makanan itulah Anda mengalami stres.

Stres ternyata lebih dari sekadar perasaan tertekan secara emosional, mental dan fisik. Stres adalah penyakit yang tidak boleh dibiarkan bersemayam berlarut-larut.

Dan ternyata makanan ada yang bisa menghilangkan stres, namun ada juga yang justru menjadikan stres semakin parah.

Dilansir dalam laman womanitely.com, Minggu 24 April 2016, berikut adalah beberapa makanan tertentu yang harus dihindari jika Anda ingin punya kehidupan dengan banyak tekanan.

1. Roti Tawar (Putih) dan Pastri

Sebagian besar bahan roti tawar (putih) dan pastri adalah tepung terigu putih, gula, sodium, dan zat aditif makanan buatan yang tidak hanya tidak baik untuk ukuran pinggang, tetapi juga kesehatan mental dan fisik Anda. Makanan yang mengandung tepung terigu putih akan mempengaruhi sistem pencernaan yang membuat tubuh semakin stres. Beralih ke versi yang bebas gluten untuk menghindari stres berlebihan. Jika Anda ingin membuat kue, pertimbangkan menggunakan tepung kelapa atau almond daripada tepung terigu putih.

2. Makanan Manis

Es krim, susu cokelat, donat, dan makanan manis lainnya dapat memuaskan hasrat Anda dan meningkatkan suasana hati tetapi untuk waktu yang sangat singkat. Ketika Anda stres, kadar kortisol Anda meningkat. Kadar kortisol yang tinggi dapat merusak kesehatan Anda secara signifikan.

Meskipun tubuh Anda memiliki mekanisme perbaikan diri alami yang memperlambat proses penuaan, melawan infeksi dan mencegah pertumbuhan sel kanker, kondisi stres akan menghentikan semua mekanisme tersebut. Dan ini menyebabkan sejumlah penyakit serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan kanker. Jika Anda menginginkan gula, makanlah sepotong coklat gelap atau sedikit mentega kacang.

3. Teh, Kopi, Minuman Energi, Coklat

Minuman energi, kopi, teh, dan bahkan coklat semuanya adalah minuman yang harus dihindari ketika stres. Semua jenis minuman itu memang membantu meningkatkan energi dan suasana hati, namun, mereka juga tinggi akan theobromine, kafein, dan neuro-stimulator lain yang menyebabkan stres. Beralihlah ke air lemon hangat atau teh herbal tanpa gula. Minuman alternatif tersebut akan menghindrasi tubuh dan membantu menenangkan diri Anda.

4. Makanan Pedas

Jika Anda mudah stres, kemungkinan Anda memiliki masalah pencernaan juga. Masalahnya, sistem pencernaan Anda tidak dapat bekerja dan memproses makanan dengan baik ketika tubuh Anda sedang stres. Stres memperlambat metabolisme sehingga makanan tinggal di perut Anda lebih lama. Hal ini menyebabkan asam lambung yang diperparah oleh makanan pedas.

Kurangi tingkat stres Anda dengan makan lebih banyak sayuran dan buah, seperti bayam, jeruk, pisang, alpukat, kale, dan brokoli.

5. Makanan Olahan

Makanan olahan merupakan sumber utama lemak, sodium, dan zat aditif makanan buatan yang secara langsung meningkatkan kadar kortisol dan menghambat tubuh memerangi stres secara efektif. Ketika Anda merasa stres, hindari makanan olahan sama sekali. Whole foods (makanan yang masih memiliki sifat alami dan tidak banyak mengalami proses produksi) adalah pilihan terbaik untuk mengelola dan mengurangi stres.

Kentang goreng, alkohol, permen karet bebas-gula, dan daging adalah contoh makanan yang akan menambah tingkat stres. Semuanya memang sulit dihindari, namun harus Anda lakukan demi kesehatan.

Berolahraga, meditasi, melatih pernapasan dan diet yang sehat akan membantu Anda mengatasi stres ketika Anda mendapat masalah.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section