1. HOME
    2. FOODILICIOUS
FOOD

Kisah Sukses Minuman Berenergi Asal Indonesia, Extra Joss

By Dian Rosalina 19 April 2016 12:11
Populer di kalangan masyarakat

Penayangan produk Extra Joss di Televisi Komersial dan radio terkenal dengan slogan 'Ini biangnya! Buat apa beli botolnya?' Karena hal itu, produk tersebut mengalami peningkatan permintaan pasar hingga terjadi kehabisan stok di mana-mana. Bahkan memacu pabrik beroperasi non-stop.

Begitu suksesnya mereka menembus pasar 'Man of Street', citra Extra Joss kemudian ditingkatkan ke kalangan menengah ke atas. Di tahun 2001, Extra Joss kemudian dikomunikasikan sebagai representatif impian dan emosi masyarakat dengan memakai tajuk Generasi Biang (Genbi).

Dari situ tampillah sosok-sosok yang dianggap sebagai Generasi Biang sebagai cerminan personifikasi Extra Joss yang maju dan anti kemapanan. Seperti Ahmad Dhani, Sujiwo Tedjo, Melly Goeslaw, Sarah Sechan, atlet Taufik Hidayat, dan atlet angkat besi, Lisa Rumbewas.

Pada tahun yang sama, Extra Joss pun mulai merambah bentuk tablet larut atau biasa disebut tablet effervescent yang lebih premium dan eksklusif. Tujuannya tidak lain untuk menyaingi minuman sejenis dalam kemasan yang dipersepsikan untuk kalangan atas.

Memasuki tahun 2002, Piala Dunia FIFA 2002 cukup menyita perhatian masyarakat dunia. Oleh karena itu, Extra Joss mengundang para pemain sepak bola terkenal dari Italia, Alessandro Del Piero menjadi bintang iklannya dan meningkatkan brand image Extra Joss ke taraf internasional.

Selain mengundang Del Piero, pada Piala Dunia FIFA 2006, Extra Joss meluncurkan kampanye "Extra Joss Laga Juara".

Extra Joss kembali mengundang pemain sepak bola asal Portugal, yaitu Cristiano Ronaldo sebagai bintang iklan Extra Joss, yang datang ke Indonesia juga dalam rangka peduli kemanusiaan untuk korban tsunami Aceh 26 Desember 2004.

Tidak hanya itu, merek ajuga membina hubungan erat dengan konsumen Indonesia dengan menggelar program mendukung kegiatan masyarakat seperti ibadah kurban untuk merayakan Idul Adha. Sampai saat ini, setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha, Extra Joss masih menyelenggarakan ibadah kurban dengan nama "Kurban 1 Miliar".

NEXT: Penghargaan bergengsi dan ekspor ke luar negeri >>>

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section