1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

Tips Cepat Punya Rumah Buat Pasangan Muda

Mencari rumah bukan merupakan hal yang mudah. Selain itu, kondisi keuangan keluarga muda biasanya belum stabil.

By Desy Afrianti 2 Maret 2016 13:33
Ilustrasi kredit rumah/Pixabay

Money.id - Kondisi keuangan yang belum stabil, sering menjadi alasan bagi pasangan muda untuk berpikir keras saat ingin membeli rumah.

Setiap pasangan muda pasti memimpikan untuk memiliki rumah sendiri; rumah yang nantinya akan dipenuhi canda tawa keluarga kecil yang baru mulai dibina.

Sayangnya, mencari rumah bukan merupakan hal yang mudah. Selain itu, kondisi keuangan keluarga muda biasanya belum stabil karena masih meraba-raba pengeluaran bulanan dan mengontrol keluar masuknya pendapatan.

Walau demikian, bukan berarti pasangan muda tidak bisa memiliki rumah. Seperti dikutip dari CekAja.com, ada banyak cara untuk memiliki rumah, salah satunya adalah dengan kredit pemilikan rumah (KPR).

Membeli rumah secara kredit merupakan solusi paling tepat untuk mewujudkan mimpi Anda dan pasangan.

Jadi, jika Anda dan pasangan sudah memiliki tekad bulat untuk memiliki rumah sendiri dengan bantuan KPR, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar ke depannya tidak kesulitan:

Keuangan yang teralokasi
Membuat rencana keuangan bagi keluarga selama sebulan bukanlah hal yang mudah. Bisa dibilang ini adalah hal paling berat yang harus dilakukan oleh semua keluarga, baru atau lama.

Namun, jika melakukannya, maka beban Anda hingga setahun atau dua tahun ke depan akan berkurang.

Caranya, hitung jumlah pendapatan Anda dan pasangan setiap bulannya, kemudian buat alokasi-alokasi dana.

Jangan hanya membuat alokasi dana untuk pengeluaran bulanan dan harian saja. Sebaiknya Anda juga membuat alokasi untuk tabungan atau investasi lainnya.

Kalau perlu, pisahkan tabungan untuk mengumpulkan uang muka membeli rumah dengan tabungan pribadi Anda. (Baca juga: Cara Mudah Kumpulkan Uang Muka KPR)

Ketahui kemampuan bayar
Jangan terburu-buru beli rumah besar! Jangan pula terburu-buru beli rumah di tengah kota! Kenapa? Rumah besar dan rumah yang terletak di tengan kota bisa jadi sangatlah mahal.

Jika pendapatan yang telah disisihkan tidak akan mampu untuk membayar cicilan, lebih baik Anda mencari rumah yang lebih kecil atau berlokasi sedikit jauh dari pusat kota; tentu saja berada di lingkungan yang aman.

Diskusikan dengan pasangan dan pihak bank tentang besar cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Jangan malu untuk melakukan tawar-menawar dengan pihak bank.

Sebab selama penawaran Anda masuk di akal, maka bank akan mengabulkannya. (Baca juga: Strategi Mencari Penghasilan Tambahan Tanpa Repot)

Hitung utang sekarang
Kredit barang elektronik, perkakas rumah tangga, dan lainnya, meski kelihatan enteng namun bisa juga memberatkan jika bertumpuk-tumpuk. Sebab, tidak jarang pasangan muda memiliki banyak keinginan untuk membeli barang ini-itu.

Bayangkan jika kredit kendaraan bermotor Anda masih ditumpuk dengan kredit televisi layar plasma, kredit pendingin ruangan, kredit ponsel, dan lain sebagainya.

Jika setelah dihitung total angsuran, dan pengeluaran kredit lebih dari 60 persen total pendapatan Anda dan pasangan, maka tunda dulu keinginan untuk membeli rumah.

Lebih baik Anda lunasi utang-utang tersebut hingga paling tidak tersisa 30 persen dari pendapatan Anda untuk menjadi kewajiban membayar angsuran. (Baca juga: Punya Cicilan Kredit Lain Tapi Ingin Ajukan KPR, Pelajari Dulu Simulasinya)

Alasannya, nantinya bank atau penyedia kredit akan menghitung total semua utang yang Anda miliki untuk dikurangkan ke total pendapatan bersih bulanan.

Jika hasil akhirnya tidak mencukupi untuk membayar cicilan minimal rumah impian Anda, maka bisa jadi bank tidak akan mengabulkan permohonan KPR Anda.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section