1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Sebelum Memulai Usaha Waralaba, Perhatikan Hal Berikut Ini

Usaha waralaba adalah sistem usaha untuk memasarkan barang dan jasa yang terbukti berhasil dan dapat digunakan oleh pihak lain dengan menggunakan

By Dian Rosalina 5 Agustus 2016 17:30
Ilustrasi Bisnis Waralaba

Money.id - Banyak peluang bisnis yang bisa Anda jalani untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Salah satu yang banyak digemari oleh masyarakat adalah usaha waralaba.

Usaha waralaba adalah sistem usaha untuk memasarkan barang dan jasa yang tebrukti berhasil dan dapat digunakan oleh pihak lain dengan menggunakan perjanjian khusus dengan pemilik usaha yang disebut perjanjian waralaba.

Usaha ini biasanya berupa penggunaan merek dagang, nama dagang, merek layanan atau simbol iklan. Jadi usaha ini memiliki ikatan hukum dan memiliki aturannya yang dibaut dengan persetujuan dua belah pihak, yaitu pemilik perusahaan (franchisor) dan penerima waralaba (franchisee).

Nah bila Anda tertarik memulai usaha ini, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal berikut ini yang dikutip dari Cermati.com, Jumat 5 Agustus 2016.

Sesuai dengan Minat Anda

Dalam menjalani bidang usaha apapun, minat adalah faktor utama yang bisa mendorong Anda untuk maju. Terkadang usaha yang dijalankan atas dasar minat dan kesukaan cenderung akan berjalan dengan lebih baik daripada Anda membuka usaha di bidang yang tidak Anda sukai sama sekali.

Misalnya Anda menyukai kopi, cobalah untuk membuka gerai cafe, ketimbang membuka usaha waralaba jenis salon karena Anda tidak begitu berminat, bukan?

Siapkan Mental

Untuk memulai usaha waralaba, Anda sudah harus memiliki kesiapan mental yang baik. Sebab banyak sekali orang yang bergerak pada jenis usaha warlaba dan mereka adalah saingan Anda.

Jika tidak siap mental, bisa-bisa Anda mundur teratur sebelum bertarung. Lebih baik persiapkan diri Anda untuk kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Mempelajari Waralaba yang Akan Dijalani

Ketika Anda memutuskan untuk memilih jenis usaha waralaba, sebelumnya pelajari dulu seluk beluk dari usaha tersebut. Carilah jenis usaha waralaba yang cocok dengan minatmu dan terutama, akan lebih baik jika Adna lebih memilih waralaba yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan teruji oleh waktu.

Pilih Tempat Usaha

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah tempat usaha waralabamu nanti. Anda harus memikirkan apakah Anda akan menyewa atau membeli tempat usaha tersebut, berapa biayanya, apakah lokasinya strategis atau tidak.

Pikirkan Promosi Tambahan

Meskipun secara tidak langsung Anda sudah terbantu dengan reputasi dan nama besar usaha waralaba tersebut, tidak ada salahnya jika Anda melakukan promosi tambahan usahamu lewat media sosial, Twitter, Facebook atau Instagram.

Caranya Anda bisa mengajak teman kamu untuk mempromosikan usahamu kepada orang-orang lainnya dimulai dari mulut ke mulut. Disini, Anda harus berpikir sekreatif mungkin untuk menarik minat para pengunjung untuk singgah ke usaha waralabamu ini.

Selain promosi, bila Anda membuka waralaba kuliner, Anda bisa melakukan berbagai kreatifitas untuk menu makanan dalam rangka menarik perhatian tamu.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section