1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

5 Bukti Menikah Membuat Kita Lebih Hemat

Benarkah menikah dapat membuat kebiasaan boros terkikis?

By Dwifantya Aquina 7 September 2017 11:10
Ilustrasi pernikahan (Pixabay)

Money.id - Tak sedikit orang yang ragu untuk menikah karena memiliki sikap boros. Mereka merasa khawatir belum bisa mengendalikan dirinya dalam hal mengatur pengeluaran.

Padahal, ketika sudah menikah, secara otomatis seseorang akan terlatih untuk menjadi sosok yang lebih hemat.

Kehadiran pasangan akan membuat hidup seseorang lebih terarah alias memiliki tujuan yang jelas. Karena itulah, sikap hemat akan mudah terbentuk. Kebiasaan boros pun akan lebih mudah terkikis.

Berikut 5 hal yang membuktikan bahwa menikah bisa membuat hemat seperti dilansir CekAja.com :

Selalu mengobrol soal keuangan

Ketika telah menikah, pasangan akan lebih intensif berdiskusi soal keuangan. Mulai dari membicarakan pengeluaran sehari-hari, pengeluaran bulanan, hingga pengeluaran tahunan. Belum lagi rencana-rencana seperti membeli mobil atau rumah.

Diskusi soal keuangan tentu akan mengingatkan sepasang suami istri tentang pentingnya hidup hemat. Pengeluaran harus diperhitungkan matang-matang. Jika tidak, sulit mewujudkan rencana-rencana yang ada.

Pasangan suami istri juga harus ingat untuk mengumpulkan dana darurat, berinvestasi, menyiapkan dana pendidikan anak, dan menyiapkan pensiun.

Menanggung hidup bersama

Apabila masih lajang, semua kebutuhan harus ditanggung sendiri seperti membayar kontrakan rumah atau membayar cicilan mobil. Ketika sudah menikah, membayar kontrakan bisa ditanggung berdua. Atau, jika sudah mencicil rumah, pembayaran cicilan menggunakan gaji suami, sedangkan istri membayar cicilan mobil.

Semua akan terasa lebih ringan khususnya bagi pasangan yang keduanya bekerja. Jika istri tidak bekerja, istri bisa menjalankan usaha di rumah untuk menambah pemasukan keluarga.

Lebih hati-hati ketika belanja

Seseorang yang sudah menikah akan lebih perhitungan ketika akan berbelanja. Hal ini dikarenakan banyaknya tujuan bersama yang harus terpenuhi.

Ketika masih lajang, seringkali seseorang berbelanja apa pun sesuai keinginan. Namun, ketika sudah menikah, seseorang akan berusaha untuk belanja sesuai kebutuhan saja.

Tunjangan lebih banyak

Karyawan yang telah menikah biasanya akan mendapatkan tunjangan lebih banyak dari perusahaan. Karyawan yang sudah menikah juga mendapatkan asuransi kesehatan tak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk pasangan.

Bagi seorang istri, asuransi kesehatan juga sudah termasuk manfaat untuk periksa kandungan dan biaya melahirkan. (Baca juga: Kartu Kredit Ini Bikin Hemat Nonton Film Terbaru di Bioskop, Cek Yuk!)

Selalu ingat kepentingan anak

Setelah memiliki anak, pasangan suami istri akan terdorong mencari penghasilan yang lebih banyak. Selain itu, akan muncul berbagai kebutuhan anak yang harus terpenuhi. Tak hanya soal kebutuhan pokok, tetapi juga kebutuhan jangka panjang seperti biaya pendidikan.

Hal tersebut akan mendorong pasangan yang sudah menikah untuk lebih bijak menyikapi uang demi kesejahteraan keluarga.

Bagi yang sedang melakukan persiapan pernikahan, mantapkan hati untuk melangkah dengan pasti ke gerbang pernikahan. Selain menjadi sosok yang lebih hemat, hidup pun akan lebih bersemangat karena ada pasangan yang menemani bukan?

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section