1. HOME
  2. DIGITAL
GERHANA MATAHARI TOTAL

Prosesi Gerhana Matahari Total dari Bangka Hingga Halmahera

Pengamatan dilakukan melalui tayangan Live Streaming yang dilakukan oleh Lapan di 11 lokasi di Indonesia

By Nur Chandra Laksana 9 Maret 2016 09:22
Gerhana Matahari Total (LAPAN)

Money.id - Hari ini bisa dibilang merupakan hari yang paling berharga bagi Indonesia. Pasalnya, pada Rabu 9 Maret 2016, beberapa wilayah di Indonesia mengalami peristiwa alam yang sangat langka, yakni gerhana matahari total.

Beberapa lokasi di Indonesia yang dilewati gerhana matahari total adalah Pelembang, Bangka Belitung, Sampit , Balikpapan Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera.

Untuk memberi pengalaman kepada rakyat Indonesia di wilayah lain, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan live streaming di beberapa wilayah di Indonesia, yakni di Bangka, Palangka Raya, Balikpapan, Palu, Poso, Ternete, Bandung, pontianak, Yogyakarta, Sukoharjo, dan Surabaya.

Tapi, jika Anda melewati acara Live streaming yang dilakukan LAPAN, Money.id sudah membuat ringkasan berita mengenai detil detik-detik menjelang terjadinya gerhana matahari total. Jika penasaran, mari simak liputannya berikut ini. 

Prosesi Gerhana Matahari

Lapan mulai menyiarkan Live Streaming gerhana matahari sejak pukul 05.48 WIB serentak di seluruh lokasi pengamatan. Namun sayangnya, di beberapa tempat seperti Balikpapan dan Bangka, petugas lapangan mengalami kesulitan untuk melakukan Live Streaming.

Sementara di Palangka Raya meskipun sukses melakukan Live Streaming, namun di wilayah tersebut mengalami hujan ringan, yang menyebabkan pemantauan mengalami gangguan.

Namun, di wilayah Poso, Palu, dan Ternate, petugas lapangan berhasil melakukan Live Streaming dengan sempurnya.

Daerah pertama yang mengalami gerhana matahari total dari tayangan Live Streaming LAPAN adalah wilayah Palu dan Poso.

Pada pukul 08.37 WITA, gerhana matahari total terjadi. Panitia yang ada di lapangan segera memberi tahu para pengamat di sekitaran mereka bahwa para pengamat dapat melepas kacamata pelindung mereka.

Selama kurang lebih 3 menit, para pengamat dapat melihat gerhana matahari total. Pada pukul 08.40 WITA, panitia lapangan meminta untuk para pengamat untuk mengenakan kacamata pelindung mereka kembali, karena gerhana matahari total sudah berakhir.

Sedangkan di wilayah Poso, gerhana matahari total terjadi pada sekitar pukul 08.38 WITA. Selama kurang lebih 2 hingga 3 menit, para pengamat bisa melihat gerhana matahari secara langsung tanpa mengenakan kacamata pelindung. Dan pada pukul 08.40 WITA, gerhana matahari totoal di Poso dinyatakan berakhir.

Lalu, gerhana matahari total dilanjutkan berlangsung di Ternate. Tepat pada pukuk 09.51 WIT, gerhana matahari total beralngsung selama 2 hingga 3 menit. Para pengamat juga bisa menyaksikan gerhana matahari total tanpa kacamata pelindung. Pada 09.54 WIT, gerhana matahari total berakhir.

Wilayah Lain yang Mengalami Gerhana Matahari

Selain melakukan Live Streaming di ketiga daerah tadi, LAPAN juga menyiarkan prosesi gerhana matahari di tempat lainnya, seperti di Bandung, Yogyakarta, Sukoharjo, dan Surabaya. Gerhana matahari sebagian terjadi di ketiga tempat tersebut dalam waktu yang hampir bersamaan.

Di wilayah bandung, gerhana matahari sebagian mencapai titik maksimal pada sekitaran pukul 07.22 WIB. Sedangkan di Yogyakarta, Sukoharjo, dan Surabaya menyusul beberapa menit kemudian, yakni disekitaran pukul 07.25 WIB. (dwq)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section