1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Google Doodle Kenang Bapak Dongeng Dunia, Charles Perrault

Perrault adalah penulis dongeng legendaris yang lahir di Prancis tanggal 12 Januari 1628.

By Adhi 12 Januari 2016 15:40
Google Doodle Charles Perrault (google.com)

Money.id - Hari ini, Selasa 12 Januari 2016, Google Doodle menampilkan berbagai deskripsi gambar dongeng legendaris, mulai dari kisah Putri Tidur hingga kucing kesatria lucu 'Puss in Boots'.

Tentunya semua yang ditampilkan di Google Doodle memiliki arti khusus. Dan kali ini, Doodle merayakan hari ulang tahun ke-388 Charles Perrault yang diakui sebagai "Bapak Dongeng Dunia."

Perrault adalah penulis dongeng legendaris yang lahir di Prancis tanggal 12 Januari 1628. Yang membuat sosoknya menarik adalah, Perrault sejatinya adalah seorang pengacara, akan tetapi, gairahnya untuk menjadi seorang sastrawan begitu kuat.

Karier sastranya dimulai ketika Charles menulis puisi dan ayat menyindir berjudul The Burlesque Aeneid (1948).

(wikipedia.com)

Berkat bakatnya Pada tahun 1661, Charles Perrault pernah bekerja pada pemerintahan monarki absolut Perancis yang dipimpin oleh Louis XIV karena ketika itu, raja lebih memilih kalangan biasa dibandingkan kaum aristokrasi untuk melayani publik.

Saat berumur 67 tahun atau di tahun 1695, Perrault menulis buku berjudul 'Tales and Stories of the Past with Morals' yang sangat terkenal. Buku ini mirip kumpulan dongeng legendaris, misalnya Cinderella, Puss in Boots, sampai Mother Goose.

Beberapa dongeng Charles telah diceritakan kembali dengan versi yang berbeda oleh Grimm bersaudara. Namun faktanya, banyak dari dongeng Perrault jauh dari cerita yang kita ketahui saat ini.

Misalnya kisah Si Kerudung Merah. Pada versi Perrault, kisah ini ternyata menyedihkan, karena Si Kerudung Merah tidak selamat di akhir cerita.

Atau kisah Putri Tidur yang menikah dengan pangeran namun ternyata putri tersebut adalah raksasa atau Bangsa Gergasi (ogre).

Berikut adalah beberapa karye terbaik Perrault:

La belle au bois dormant (The Sleeping Beauty in the Wood)
Le petit chaperon rouge (Little Red Riding Hood)
La Barbe blee (Blue Beard)
Le Maistre Chat, ou le Chat Bott (The Master Cat, or, Puss in Boots)
Les Fes (The Fairies)
Cendrillon, ou la petite pantoufle de verre (Cinderella, or, The Little Glass Slipper)
Riquet la Houppe (Ricky of the Tuft)
Le petit Pouet (Little Thumb) 

(poy)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section