1. HOME
  2. V-MONEY
VIDEO

Berawal dari Pelihara Kambing Sakit, Pria Ini Kini Miliki 64 Kambing

Awalnya, ia membeli kambing-kambing sakit dan dipelihara hingga sehat.

By Febriyani 5 Agustus 2016 09:30
Beternak kambing (youtube.com/News Sumbar)

Money.id - Rid Donal, seorang pria berusia 50 tahun di Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dikenal sebagai peternak kambing di kampungnya.

Usaha ini telah ia tekuni sejak tahun 2009 silam. Awalnya, ia membeli kambing-kambing sakit dan dipelihara hingga sehat. Setelah itu, kambing-kambing tersebut ia jual dengan harga yang lebih tinggi.

Berkat kegigihan dan keyakinannya, kini Rid Donal sudah memiliki 64 ekor kambing yang terdiri dari berbagai jenis, seperti kambing peranakan etawa, kambing kacang, domba serta kambing persilangan boerka dan kambing kacang.

Setiap kambing yang ia pelihara memiliki keunggulan yang berbeda-beda, seperti kambing boerka lebih dominan untuk dipotong, sedangkan persilangan kambing boerka dan kambing kacang bisa diperah dan diambil susunya. Sementara itu, domba bisa diambil bulunya untuk dijadikan isi bantal dan kasur.

Menurut Rid Donal, beternak kambing jauh lebih baik dan menguntungkan daripada beternak sapi. Pasalnya pasar kambing dinilai selalu lebih jelas dan selalu dibutuhkan banyak orang.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section