1. HOME
    2. NEWS
DPR

Simalakama Setya Novanto-Fadli Zon Bertemu Donald Trump

Kemunculan keduanya di media asing sontak membuat geger publik tanah air.

By Dwifantya Aquina 18 September 2015 19:13
Ketua DPR RI Setya Novanto (Setkab.go.id)
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto menuai kecaman setelah tampil bersama kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, di Menara Trump New York, Amerika Serikat, Kamis 3 September lalu. 
 
Bukan hanya politisi Partai Golkar itu saja yang hadir. Novanto juga membawa serta Wakil Ketua DPR Fadli Zon bersama rombongan lainnya, seperti Kepala Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Nurhayati Ali Assegaf, Wakil Ketua Komisi Pertahanan Tantowi Yahya, Ketua Komisi Hukum Azis Syamsudin, Anggota BKSAP Yuliari Batubara, serta Utusan Khusus Presiden bidang Kemaritiman Eddy Pratomo. 
 
Kemunculan keduanya di media asing sontak membuat geger publik tanah air. Sebab, di akhir konferensi pers yang digelar Trump, untuk alasan yang tidak diketahui, ia memperkenalkan Ketua DPR Setya Novanto.  
 
"Pria ini Ketua DPR Indonesia, datang ke sini untuk bertemu saya. Setya Novanto, salah satu orang paling berpengaruh dan sosok yang besar," kata Trump kepada para jurnalis seperti dikutip dari Business Insider, Jumat 4 September 2015.
 
"Dia dan rombongannya ke sini untuk bertemu saya hari ini dan kami akan melakukan satu kegiatan besar untuk Amerika Serikat, begitukah?" kata Trump kepada Novanto.
 
"Yes," Setya menjawab. Trump melanjutkan pertanyaannya, "Apakah orang di Indonesia menyukai saya?" Setya menjawab singkat, "Ya, sangat. Terima kasih."
 
Novanto berdalih, kedatangannya ke Trump Tower itu atas undangan Donald Trump. Saat itu, dia mengaku dan rombongan DPR sedang berada di New York untuk menghadiri sidang Serikat Parlemen Internasional. 
 
Ia pun menyatakan, bahwa jawabannya terhadap pernyataan Donald Trump, lebih karena miliuner itu telah berinvestasi di Indonesia. Pernyataan tersebut, menurut dia, bukan sebagai pernyataan politik bahwa Indonesia mendukung Trump sebagai calon presiden. 
 
Kepala Bagian Tata Usaha Ketua DPR Hani Tahapari mengakui pertemuan delegasi DPR dengan Trump tak termasuk ke dalam kunjungan resmi kenegaraan. Agenda resmi Novanto justru saat menjadi pembicara dalam acara forum ketua parlemen sedunia yang dihajat International Parliamentary Union itu pada 31 Agustus hingga 2 September 2015. Setya dan rombongan lantas merencanakan kunjungan persahabatan ke Washington DC untuk bertemu parlemen AS.

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section