1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Pertama di Dunia, Transplantasi Kepala Manusia

Prosedur transplantasi itu berisiko kematian. Dokter harus menyambung sumsum tulang belakang di tubuh baru dengan kepala pasien.

By Stella Maris 22 September 2015 15:04
Valery Spiridonov (Twitter).

Money.id - Dua dokter bedah dari Italia dan China, Sergio Canavero dan Xiao-Ping Ren, akan melakukan transplantasi kepala ke tubuh pasien bernama Valery Spiridonov. Pasien ini adalah seorang ilmuwan Rusia yang menderita kelainan genetik langka, yaitu Werdnig Hoffman.

Pria berusia 30 tahun itu menawarkan diri agar transplantasi kepala ke tubuh baru dilakukan terhadapnya. Meski demikian, dia menyadari prosedur tersebut berisiko.

"Saya sedang berpartisipasi dalam sebuah karya yang besar. Saya tak ragu melakukannya, karena (transplantasi) sesuatu yang penting sepanjang hidup dan akan segera terwujud," kata Spiridonov seperti dikutip laman News Discovery, baru-baru ini.

Jika tak ada aral, prosedur transplantasi ini akan dilakukan pada Desember 2017. Selama 36 jam prosedur transplantasi dilakukan, kepala Spiridonov akan didinginkan. Nantinya tubuh donor akan disambung ke kepala Spiridonov.

Namun paska transplantasi, Spiridonov akan koma selama satu bulan. Tubuhnya akan diberi asupan obat-obatan, guna mencegah penolakan kepala pada tubuh barunya.

Dokter Canavero mengaku, bagian tersulit dari transplantasi ini adalah menyambung sel di sumsum tulang belakang. Namun dia yakin, dengan bantuan rekannya, Xiao-Ping Ren, transplantasi akan berhasil.

Bila transplantasi sukses, Spiridonov dapat kembali beraktivitas normal. Para dokter juga mengklaim bahwa Spiridonov bisa berbicara hingga berjalan.

"Menurut perhitungan Canavero, jika semua berjalan sesuai rencana, dua tahun adalah jangka waktu yang diperlukan, untuk memverifikasi semua perhitungan ilmiah, dan merencanakan rincian prosedur ini," kata Spiridonov. (ita)

(sm/sm)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section