1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Kopi, Rahasia Panjang Umur Anda

Kopi mengandung ratusan senyawa berbeda yang bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah antioksidan yang mencegah radikal bebas.

By Stella Maris 22 September 2015 11:08
Kopi dapat mencegah penuaan dini bila dikonsumsi secara moderat (Pixabay)

Money.id - Pernahkah Anda menerima saran, agar mengonsumsi secangkir kopi 30 menit sebelum berolahraga? Saran itu diberikan bukan tanpa alasan loh.

Kafein pada kopi dapat memecah sel lemak dan melepaskannya ke dalam darah sebagai asam lemak bebas. Hasilnya, tubuh memiliki bahan bakar atau energi yang dapat meningkatkan kinerja fisik.

Selain itu, kopi juga mengandung ratusan senyawa berbeda yang bermanfaat bagi manusia. Antioksidan, salah satunya, punya kemampuan melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas yang merusak molekul tubuh. Oksidasi diyakini para peneliti adalah penyebab penuaan dini, kanker, dan jantung.

Risiko kematian
Studi tentang manfaat kopi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan, mereka yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit serius.

Berdasarkan penelitian tersebut, 402.260 responden berusia 50-71 tahun ditanya mengenai intensitas konsumsi kopi. Hasilnya luar biasa.

Mereka yang minum kopi dalam jumlah moderat jauh lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Risiko kematian mereka berkurang rata-rata 12-13 tahun.

Pria minum kopi empat sampai lima cangkir per hari risiko kematiannya menurun 12 persen dan wanita turun 16 persen. Sementara mereka yang minum enam cangkir atau lebih, terdeteksi tidak memberikan manfaat tambahan apapun.

Cool! Es Krim Ini Tak Gampang Meleleh

Bahkan pria atau wanita yang hanya mengonsumsi kopi satu cangkir dalam sehari, juga mengalami penurunan risiko lima sampai enam persen.

Seperti dikutip laman Authority Nutrition, penelitian lain juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah menderita Alzheimer, Parkinson, dan Diabetes Tipe 2.

Dalam sebuah penelitian di Harvard University membuktikan bahwa  peminum kopi cenderung bahagia. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kopi menekan depresi peminum kopi hingga 20 persen dan risiko bunuh diri hingga 53 persen dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kopi, para peneliti menyarankan agar Anda mengonsumsi kopi hitam dan tanpa gula. Beberapa pakar juga menyarankan agar kopi dikonsumsi saat panas. (ita)

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section