1. HOME
    2. NEWS
EKONOMI

Cegah Dampak Corona, Ini Langkah BI

Mitigasi risiko Covid-19 sebetulnya sudah disiapkan BI sebelum virus corona masuk ke wilayah Indonesia.

By Ismoko 4 Maret 2020 12:20
Foto: Deki Prayoga/Dream
 Bank Indonesia (BI) langsung bereaksi cepat menanggapi wabah virus corona, Covid-19, yang sudah masuk ke Indonesia. Otoritas moneter tersebut mengeluarkan lima kebijakan lanjutan untuk memitigasi risiko Covid-19.

" Bank Indonesia pada hari ini menempuh beberapa langkah kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas moneter dan pasar keuangan, termasuk memitigasi risiko COVID-19," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Onny, langkah mitigasi risiko Covid-19 sebetulnya sudah dilakukan BI pada Rapat Dewan Gubernur BI 19-20 Februari 2020 lalu. Kala itu, BI memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan (BI7DRR) sebesar 25 basis point (bsp_ menjadi 4,75 persen.

" Strategi operasi moneter juga terus diperkuat guna menjaga kecukupan likuiditas dan mendukung transmisi bauran kebijakan yang akomodatif," katanya.

Selain itu, BI juga menyesuaikan ketentuan terkait perhitungan Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM) dengan memperluas cakupan pendanaan dan pembiayaan pada kantor cabang bank di luar negeri yang diperuntukkan bagi ekonomi Indonesia.

Kebijakan sistem pembayaran juga terus diperkuat guna mendukung pertumbuhan ekonomi antara lain melalui perluasan akseptasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) serta elektronifikasi bansos dan transaksi keuangan Pemda.

Yang terbaru, BI mengeluarkan lima kebijakan lanjutan untuk memitigasi risiko Covid-19. Kebijakan ini dibuat lebih luas dan mencakup investor asing.

Berikut adalah lima kebijakan lanjutan BI memitigasi risiko Covid-19:

 

 

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section